Sport
Senin, 7 September 2015 - 04:55 WIB

KUALIFIKASI EURO CUP 2016 : Ditaklukkan Turki 3-0, Belanda di Ujung Tanduk

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kualifikasi Euro Cup 2016 membuat posisi Belanda di ujung tanduk setelah dikalahkan Turki 3-0.

Solopos.com, KONYA — Belanda kembali menelan kekalahan di lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016. Takluk 0-3 dari Turki, posisi Belanda di Grup A makin terjepit dan di ujung tanduk.

Advertisement

Dalam pertandingan di Torku Arena, Konya, Turki, Minggu (6/9/2015) malam WIB, Belanda yang baru saja menelan kekalahan dari Islandia tampil dominan dengan penguasaan bola sebesar 62%. Mereka juga lebih agresif dengan catatan 12 kali upaya mencetak gol dengan empat di antaranya berstatus on target.

Namun buruknya penampilan lini belakang harus dibayar mahal oleh Belanda. Dua gol Turki di babak pertama, masing-masing dari Oguzan Ozyakup dan Arda Turan, lahir berkat kelemahan barisan pertahanan Belanda.

Advertisement

Namun buruknya penampilan lini belakang harus dibayar mahal oleh Belanda. Dua gol Turki di babak pertama, masing-masing dari Oguzan Ozyakup dan Arda Turan, lahir berkat kelemahan barisan pertahanan Belanda.

Di babak kedua, Belanda yang dominan masih tak mampu mencetak gol. Sebaliknya, Turki menambah keunggulannya lewat Burak Yilmaz lima menit jelang laga usai.

Ini adalah kekalahan kedua secara beruntun yang didapat Belanda. Tiga hari sebelumnya, De Oranje takluk 0-1 dari Islandia. Hasil-hasil tersebut membuat Belanda turun ke posisi keempat klasemen Grup A dengan 10 poin dari delapan laga.

Advertisement

Dengan dua laga tersisa, peluang Belanda untuk merebut tiket lolos langsung sudah tertutup. Mereka kini harus memaksimalkan dua laga terakhir melawan Kazakhstan dan Ceko untuk finis di urutan ketiga untuk membuka kesempatan lolos lewat play-off.

Sementara itu, Turki mengambil alih posisi Belanda dengan naik ke urutan ketiga. Pasukan Fatih Terim itu mengumpulkan 12 poin dan menjaga asa untuk lolos ke Prancis tahun depan.

Turki sudah unggul saat pertandingan baru berjalan delapan menit. Menerima umpan terobosan dari Arda Turan, Oguzan Ozyakup kemudian menuntaskannya dengan sepakan kaki kanan ke arah tiang jauh yang tak bisa dijangkau oleh Jasper Cillessen.

Advertisement

Asyik menyerang, Belanda justru kebobolan. Turki mencetak gol keduanya lewat kaki Turan di menit ke-26. Turan yang memanfaatkan kesalahan Daley Blind dalam mengontrol bola kemudian melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tembakan ke arah tiang dekat dan Cillessen gagal menghentikan bola.

Memasuki babak kedua, Belanda yang tertinggal mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Di menit ke-50, peluang bagus didapat Belanda. Tapi sepakan Wijnaldum yang berdiri bebas usai menerima bola dari Memphis masih melebar dari gawang.

Lima menit jelang laga usai, Turki memperbesar keunggulannya. Menerima umpan dari Caner Erkin, YIlmaz yang berada di dalam kotak penalti kemudian membalikkan badan untuk kemudian melepaskan tembakan. (JIBI/SOLOPOS)

Advertisement

Susunan Pemain
Turki: Babacan; Ozbayrakli, Erkin, Aziz, Balta; Inan, Calhanoglu (Topal 65′), Ozyakup (Sahan 83′); Turan (Volkan Sen 57′), Tufan, Yilmaz

Belanda: Cillessen; van der Wiel, de Vrij (Wijnaldum 46′), Bruma, Riedewald; Blind (De Jong 74′), Klaassen, Sneijder; Narsingh (Promes 69′), Memphis, van Persie

Reaksi pemain Belanda Wesley Sneijder (ka) dan Riedewald seusai dikalahkan Turki. JIBI/Rtr/Umit Bekt

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif