Jateng
Senin, 7 September 2015 - 14:50 WIB

GERAKAN PRAMUKA : Kwarcab Banyumas Pertahankan Predikat Tergiat Tingkat Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan pramuka (JIBI/Solopos/dok)

Gerakan pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas tahun ini berhasil mempertahankan predikat tergiat se-Jawa Tengah untuk yang ke-28 kali.

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO-Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas tahun ini untuk yang ke-28 kali berhasil mempertahankan predikat tergiat se-Jawa Tengah.

Advertisement

“Predikat tergiat merupakan yang ke-28 kali diperoleh Kwarcab Banyumas sejak tahun 1988,” kata Wakil Ketua V Bidang Humas dan Abdimas Kwarcab Banyumas Agus Nur Hadiedi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (6/9/2015).

Menurut dia, penghargaan tergiat tersebut diterima Kwarcab Banyumas saat Apel Besar Peringatan Ke-54 Gerakan Pramuka Tahun 2015 Tingkar Provinsi Jawa Tengah dan Pembukaan Raimuna Daerah di Bumi Perkemahan Linggo Asri, Kabupaten Pekalongan, Sabtu (5/9/2015).

Kendati dapat mempertahankan predikat tergiat, dia mengatakan bahwa dari lima bidang yang dilombakan, Kwarcab Banyumas hanya meraih empat penghargaan, yakni Tergiat I Bidang Binamuda, Tergiat II Bidang Organisasi dan Hukum, Tergiat II Bidang Binawasa, serta Tergiat II Bidang Humas dan Pengabdian Masyarakat.

Advertisement

“Kami tidak bisa mempertahankan predikat tergiat untuk Bidang Keuangan Usaha dan Sarana Prasarana,” katanya.

Dia mengakui prestasi yang diraih Kwarcab Banyumas pada tahun 2015 mengalami penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya meskipun masih bisa mempertahankan predikat tergiat.

Dalam hal ini, kata dia, Bidang Organisasi dan Hukum pada tahun 2014 meraih predikat Tergiat I namun sekarang menjadi Tergiat II.

Advertisement

Sementara untuk Bidang Keuangan Usaha dan Sarana Prasarana, lanjut dia, pada tahun 2014 meraih predikat Tergiat III namun sekarang tidak dapat diraih.

Agus mengatakan bahwa hal itu menjadi pekerjaan rumah bagi Kwarcab Banyumas karena kwarcab-kwarcab lainnya semakin bagus.

“Kami sadari bahwa semua prestasi yang diraih bukankah hasil kerja keras pengurur kwarcab saja. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada semua pihak atas dukungan, dedikasi, dan loyalitas dalam kegiatan kepramukaan di Banyumas,” katanya.

Selain prestasi tersebut, kata dia, Wakil Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabicab) yang juga Wakil Bupati Banyumas Budhi Setiawan mendapat penghargaan berupa Lencana Dharma Bakti Pramuka atas kepeduliannya dalam Gerakan Pramuka di Banyumas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif