Sport
Minggu, 6 September 2015 - 06:55 WIB

GP2 ITALIA 2015 : Terganjal Penalti, Rio Haryanto Gagal Naik Podium

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rio Haryanto, pembalap Indonesia yang akan berlaga di Foemula 1 (JIBI/Solopos/Dok)

GP2 Italia 2015 gagal membawa Rio Haryanto ke podium akibat pembalap asal Solo itu kena penalti.

Solopos.com, MONZA — Rio Haryanto gagal memenuhi target untuk naik podium pada feature race GP2 Italia 2015. Sempat mendapatkan penalti di balapan tersebut, Rio pun harus puas finis di urutan ke-13.

Advertisement

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Monza tersebut, Sabtu (5/9/2015) waktu setempat, Rio sebenarnya mengawali balapan dengan baik. Start dari posisi kelima, pembalap Indonesia itu punya kans bagus untuk mengincar posisi tiga besar.

Sejak awal balapan, Rio bersaing ketat dengan Arthur Pic, yang merupakan rekan satu timnya di Campos Racing. Pada suatu titik, di tikungan keempat, Rio harus melebar keluar lintasan lantaran membalap berdempetan dengan Pic.

Imbasnya, lantaran tak ingin dianggap mengambil keuntungan, Rio pun membiarkan beberapa pembalap di belakangnya melewatinya. Namun, tetap saja itu tak menghindarkannya dari hukuman. Race steward tetap menyatakan, Rio mendapatkan penalti waktu tambahan lima detik.

Advertisement

“Ketika saya kembali ke trek, saya sebenarnya kehilangan beberapa posisi (tanpa mengambil keuntungan), tapi race steward menilai saya tetap harus mendapat penalti,” ujar Rio seperti dilansir detiksport.

Rio kembali mendapatkan kesulitan tak lama setelah keluar pit stop. Dia tertahan cukup lama di belakang Raffaele Marciello, yang mana membuatnya kehilangan banyak waktu.

Setelah 30 lap, Rio akhirnya finis di posisi ke-12. Namun, lantaran penalti tersebut, ia diharuskan turun satu peringkat. Balapannya dimenangi Alexander Rossi, diikuti Stoffel Vandoorne dan Mitch Evans di posisi kedua dan ketiga.

Advertisement

Dengan hasil ini, Rio berada di posisi ketiga klasemen pembalap sementara dengan torehan nilai 109. Sementara, Vandoorne tetap berada di urutan pertama dengan nilai 251 dan Rossi di posisi kedua dengan nilai 153. (JIBI/SOLOPOS)

Pembalap asal Solo Rio Haryanto gagal naik podium setelah terkena penalti. Ist/dok

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif