Otomotif
Jumat, 4 September 2015 - 06:10 WIB

SEPEDA MOTOR YAMAHA: Tandingi Vario 125, Yamaha Hadirkan Aerox 125

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yamaha Aerox versi Eropa. (Yamaha-motor.eu)

Sepeda motor Yamaha Aerox 125 hadir sebagai penerus Xeon 125RC.

Solopos.com, SOLO – Wajah baru Honda Vario 125 tampaknya membuat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) gelisah. Untuk mengatasi tombak penjualan Honda itu, YIMM kini meracik sepeda motor Yamaha Aerox 125.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Solopos.com di laman TPT Online milik Kementerian Perindustrian, Rabu (2/9/2015), skuter matik (skutik) 124,9 cc itu didaftarkan YIMM dengan kode BE1 dan akan diproduksi sebanyak 70.500 unit di dalam negeri.

Melihat jumlah produksinya yang tak menyentuh 100.000 unit, pengamat otomotif Taufik Hidayat berpendapat Aerox 125 kemungkinan besar diposisikan sebagai skutik High End 125 cc di atas Mio M3 dan Soul GT meski memiliki kapasitas mesin sama.

Menurutnya, hal itu menguatkan dugaan bahwa skutik terbaru Yamaha itu diciptakan YIMM untuk mengimbangi Honda Vario 125 yang kini tampil lebih mewah dengan sederet pembaruan termasuk lampu LED sebagai andalan.

Advertisement

“Tebakan mengarah ke segmen skutik High End 125 cc Liquid Cooled atau boleh dibilang, bisa jadi Aerox 125 ini adalah next Yamaha Xeon RC,” tutur Taufik.

Sayangnya hingga saat ini YIMM masih hening terkait kehadiran skutik Aerox 125. Akan tetapi jika mengingat skutik itu juga beredar di benua Eropa, ada kemungkinan desainnya tak akan jauh berbeda.

Sepintas, tata letak lampu depannya tak berbeda jauh dari Xeon RC, tetapi milik Aerox 125 dimensinya lebih sempit namun telah dilengkapi LED. Selain itu tedeng depan skutik rasa Eropa itu juga dipenuhi lekukan untuk memaksimalkan aerodinamika.

Advertisement

Menyapu bodi tengah hingga buritan, tampak Aerox lebih berotot ketimbang Xeon. Bagasinya pun cukup luas dan dapat memuat sebuah helm. Kaki-kakinya juga tampak lebih sporty berkat suspensi upside down dan rem cakram di roda depan dan belakang.

Jika benar sepeda motor Yamaha Aerox 125 akan dipasarkan di Tanah Air dan diposisikan untuk menyaingi Honda Vario 125, seharusnya skutik itu di banderol tak jauh dari Rp17,6 juta on the roadJakarta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif