News
Jumat, 4 September 2015 - 12:50 WIB

PILKADA SERENTAK : Pengusaha Sablon Kaus Kebanjiran Order

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Karyawan menyablon kaus pesanan salah satu pasangan calon pemimpin kepala daerah di Oxygene T Shirt Product, Banjarsari, Kamis (3/8/2015). (JIBI/Solopos/Shoqib Angriawan)

Pilkada serentak yang akan digelar akhir tahun ini berpengaruh terhadap bisnis sablon.

Solopos.com, SOLO—Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015, pengusaha sablon di Kota Solo kebanjiran order kaos. Pemesan merupakan tim sukses calon kepala daerah yang akan membagi-bagikan kaus kepada pendukungnya saat kampanye.

Advertisement

Staf Desain Digipro Total Promotion dan Campaign Media Solo, Yucuf Aschory, mengaku sudah mendapatkan bayak pesanan dari tim sukses pengusung calon kepala daerah. Lonjakan pesanan bahkan sudah mencapai 60%.

“Order kaus saat ini sudah meningkat, jumlahnya sudah mencapai ribuan kaus. Mayoritas pesanan dari Sragen dan Sukoharjo, sedangkan pesanan dari tim sukses dari Solo sampai sekarang masih adem ayem,” urainya saat dijumpai wartawan di kantornya, Kamis (3/9/2015).

Selain dari Solo, usaha sablon yang ada di Laweyan tersebut tengah memproses tawaran pembuatan 600.000 potong kaus dari Kalimantan Tengah. Tim sukses dari Malang dan Surabaya juga banyak memesan di tempat tersebut.

Advertisement

Menurutnya, kaus yang paling banyak diminati adalah jenis hyget. Kaus jenis tersebut dipilih karena harganya yang murah. Kain jenis hyget dijual seharga Rp5.950/potong hingga Rp16.050/potong. Selain kaos, pemesanan atribut bernuansa kampanye, seperti bendera partai, rompi, kemeja, umbul-umbul dan spanduk juga meningkat tajam.

Peningkatan pesanan kaus partai juga dirasakan oleh pemilik usaha sablon Oxygene T Shirt Product Punggawan, Banjarsari, Hartanti. Menurutnya, pesanan sudah melonjak sepekan yang lalu. Mayoritas pesanan berasal dari luar Solo.

Dia mengaku pada momen Pilkada kali ini hanya menerima pesanan kaus minimal seharga Rp20.000/potong. Hal itu untuk menjaga kualitas sablon yang dihasilkan. “Saya hanya menerima pesanan minimal Rp20.000/potong. Soalnya kami menggunakan sablon manual dan harus dijaga kualitasnya,” katanya kepada solopos.com di kantornya, Kamis.

Advertisement

Hingga saat ini kaus yang paling banyak dipesan adalah jenis PE. Dia memperkirakan pesanan kaus partai akan semakin banyak beberapa pekan mendatang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif