News
Jumat, 4 September 2015 - 09:55 WIB

PENERBANGAN SOLO : Lion Air Segera Operasikan Rute Solo-Kalimantan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Penerbangan Solo-Kalimantan akan dioperasikan oleh Lion Air.

Solopos.com, SOLO — Lion Air dijadwalkan mengoperasikan rute Solo-Banjarmasin-Balikpapan pada bulan ini. Hal itu untuk mengisi rute yang sebelumnya ditinggalkan oleh Kalstar Aviation.

Advertisement

General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, menyampaikan Lion Air sudah memperoleh slot time penerbangan Solo-Kalimantan tersebut.

Dia mengungkapkan Lion Air dijadwalkan akan mengoperasikan slot time 20.20 WIB untuk landing di Solo dan pukul 06.00 WIB take off menuju Kalimantan.

“Saat ini Lion Air sedang mengurus izin ke Kementerian Perhubungan kalau sudah keluar akan langsung dioperasikan [rute Solo-Kalimantan]. Rencananya bulan ini mulai beroperasi,” ungkap Usman, Kamis (3/9/2015).

Advertisement

Dia mengatakan rute Solo-Kalimantan ini cukup potensial karena banyak masyarakat di Jateng maupun Jatim yang bekerja di Kalimantan di industri pertambangan.

Sementara itu, Garuda Indonesia menunda operasional rute Solo-Surabaya. Rute ini sebenarnya dijadwalkan beroperasi mulai Kamis dan berangkat tiga kali sepekan, yakni pada Senin, Kamis, dan Sabtu.

Penerbangan tersebut dijadwalkan berangkat dari Solo pukul 07.25 WIB dan tiba di Surabaya pukul 08.25 WIB sedangkan berangkat dari Surabaya pukul 05.45 WIB dengan waktu tiba di Solo pukul 06.55 WIB mengingat waktu tempuh rute tersebut satu jam. Pesawat yang digunakan adalah jenis ATR72-600 dengan kapasitas 70 kursi kelas ekonomi.

Advertisement

Sales and Marketing Manager Garuda Indonesia Branch Office Solo, I Ketut Rudyarta, mengatakan penundaan penerbangan tersebut merupakan kebijakan dari kantor pusat. Penundaan ini dilakukan hingga bulan depan.

Lebih lanjut, Usman mengaku kurang mengetahui secara pasti alasan penundaan ini. Meski begitu, dia mengatakan kesiapan pesawat menjadi pertimbangan ditangguhkannya operasional rute yang sudah diterbangi oleh Wings Air ini.

Rute Solo-Surabaya ini dinilai potensial karena menghubungkan kota lain seperti Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Lombok, Jember, Banyuwangi, dan Kupang dengan waktu transit setengah jam hingga satu setengah jam.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif