News
Jumat, 4 September 2015 - 15:15 WIB

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR : JK Minta Pembangunan Infrastruktur Dasar Dipercepat

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla. (JIBI/Solopos/Dok.)

Pembangunan infrastruktur diminta dipercepat untuk menopang kemajuan.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dasar karena menjadi faktor utama penopang kemajuan seluruh sektor lain.

Advertisement

“Tanpa fasilitas air, jalan, listrik, hampir semua sektor tak mungkin berjalan,” ujar JK saat Pidato Pengarahan dalam Rapat Kerja Kementerian PUPR di Jakarta, Jumat (4/9/2015).

JK menambahkan keterlambatan penyediaan fasilitas infrastruktur dasar memengaruhi perkembangan hampir seluruh sektor usaha dan menghambat pertumbuhan ekonomi.

Dia mencontohkan perkembangan sektor pertanian bergantung pada infrastruktur dasar pengairan. Sementara itu, sektor industri juga mengandalkan fasilitas listrik dan air, sedangkan sektor logistik membutuhkan fasilitas jalan yang memadai.

Advertisement

Mneurut JK, penurunan produksi pertanian menyebabkan harga pangan naik, hasil industri yang merosot juga menyusutkan pendapatan fiskal. Pada akhirnya, anggaran pembangunan infrastruktur pada tahun berikutnya ikut melorot.

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi menciptakan dinamika kebutuhan dasar masyarakat. Semula orang hanya membutuhkan infrastruktur dasar seadanya dan mengandalkan kuantitas. Namun seiring pertumbuhan ekonomi, masyarakat memikirkan kualitas fasilitas umum.

“Dulu yang penting ada jalan, sekarang ingin jalan halus. Dulu yang penting ada listrik walaupun sering mati, sekarang mati sebentar protes,” tutur dia.

Advertisement

JK menegaskan Kementerian PUPR harus lebih berfokus pada peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur dasar bagi masyarakat melalui perkembangan teknologi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif