Otomotif
Jumat, 4 September 2015 - 22:10 WIB

MOBIL DAIHATSU: Daihatsu: Xenia Sengaja Dibuat Gampang Penyok

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Daihatsu Great New Xenia. (Daihatsu.co.id)

Mobil Daihatsu Xenia sengaja dibuat mudah penyok demi keselamatan.

Solopos.com, CIREBON – Pernyataan mengejutkan diungkapkan oleh petinggi PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Ia mengatakan bodi mobil Daihatsu Great New Xenia sengaja dibuat gampang penyok. Kok begitu?

Advertisement

Dalam peluncuran mobil Daihatsu Great New Xenia di Cirebon, Jawa Barat, Priyo Wicaksono selaku Head Marketing & Product Planning ADM mengatakan bodi mobil kembaran Toyota Avanza itu sengaja dibuat mudah penyok demi keselamatan penumpang maupun orang di luar mobil.

Ia menjelaskan bahwa mudah penyoknya bodi Xenia terbaru adalah wujud dari penerapan aspek pedestrian protection yang harus dimiliki oleh mobil-mobil keluaran terbaru.

“Itu tujuannya untuk keselamatan, jadi memang harus penyok supaya orang yang tertabrak cederanya lebih ringan,” terang Priyo sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Detik, Kamis (3/9/2015).

Advertisement

Jadi jangan heran jika Xenia terbaru mengalami tabrakan, ada bagian yang ringsek parah. Sebab hal itu memang sengaja dibuat demikian. Yang terpenting, menurut Priyo, keselamatan pengemudi dan penumpang di dalam mobil tetap terjamin.

“Ada satu bagian namanya crumple zone, itu memang harus ringsek. Tapi di belakangnya, ada zona reinforcement yang menahan agar jangan sampai getarannya masuk ke kabin,” imbuh Priyo.

Tak hanya bodi yang mudah penyok, Priyo juga mengakui bahwa Xenia generasi sebelumnya memiliki masalah utama yang kerap dikeluhkan para konsumen, yakni limbung saat digunakan dalam kecepatan tinggi.

Advertisement

“Untuk gejala limbung di Xenia lama, pada Great New Xenia ini sasis diperkuat sehingga mobil lebih rigid dan lebih stabil. Suspensi juga ganti, konstantanya kami cari yang sesuai sehingga lebih enak,” ungkap Priyo seperti dilansir laman Liputan6.

Seperti diketahui, mobil Daihatsu Great New Xenia meluncur kali pertama 12 Agustus 2015 lalu berbarengan dengan Toyota Grand New Avanza. Selain bodinya yang berubah, mobil yang dijual mulai Rp151 juta on the roadJakarta itu juga mengalami ubahan pada mesin, yakni telah menggunakan Dual VVT-I 1.300 cc.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif