Jateng
Jumat, 4 September 2015 - 15:50 WIB

KEGIATAN GUBERNUR : Begini Gaya Gubernur Ganjar Mengajar di SMK N 3 Pekalongan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (JIBI/Solopos/Dok)

Kegiatan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Jumat (4/9/2015) pagi mengajar di SMK N 3 Pekalongan.

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN-Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pagi ini mengajar di SMK N 3 Pekalongan. Ia berangkat dari kantor Bakorwil 3 Jawa Tengah dekat alun-alun Kota Pekalongan naik sepeda ke sekolah yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan itu.

Advertisement

Sesampainya di sekolah, Ganjar mengawali dengan senam pagi sebelum memberikan materi di aula. Kedatangan orang nomor satu itu langsung disambut gembira.

“Sejak didirikan tahun 1977, baru kali ini ada Gubernur datang ke sini,” ujar Kepala SMKN 3 Pekalongan, Supriati, Jumat (4/9/2015).

Advertisement

“Sejak didirikan tahun 1977, baru kali ini ada Gubernur datang ke sini,” ujar Kepala SMKN 3 Pekalongan, Supriati, Jumat (4/9/2015).

Gubernur Ganjar kemudian memulai materi mengajarnya dengan menerangkan majunya batik Pekalongan sebagai warisan budaya. Kemudian ia mulai mengajar soal kepemimpinan.

Gaya mengajar Ganjar sangat interaktif dengan mulai bertanya hafalan Pancasila. Ternyata hanya satu murid bernama Maksum yang berani menjawab, padahal menurut Ganjar pertanyaannya itu untuk memancing bakat-bakat pemimpin yang ada pada murid-murid yang diajarkan.

Advertisement

Masih satu rangkaian dengan kepemimpinan, Ganjar juga menerangkan soal bahaya narkoba untuk generasi muda yang notabene menjadi calon pemimpin. Dua siswi maju untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Ganjar.

Dua siswi tersebut yaitu Yuli dan Eva ikut membantu Gubernur menerangkan bahaya narkoba dan menunjukkan jenis-jenis narkoba dengan bantuan gambar yang ditampilkan proyektor.

“Kenapa bahaya? Kalau kita lengah kita akan disambar. Kalau tidak lindungi diri sendiri ya bahaya,” tandas Ganjar.

Advertisement

Ia juga berharap para siswa harus waspada terhadap provokasi tentang ideologi yang menyesatkan. Ganjar mencontohkan salah satu ideologi yang tidak benar adalah ISIS.

“Pernah lihat ISIS? Mereka itu nyembelih orang. Islam tidak kayak gitu. Hati-hati!” tegasnya.

Ganjar yang berperan sebagai guru itu disambut antusias oleh murid-murid apalagi murid yang berani tampil maju diberi hadiah buku novel atau pengetahuan. Para murid memperhatikan dan mencatat apa yang diajarkan Ganjar. Seusai mengajar, para siswa berebut untuk bersalaman dan mencium tangannya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif