News
Kamis, 3 September 2015 - 22:45 WIB

Tiongkok Pensiunkan 300.000 Tentara

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tentara Tiongkok (Reuters)

Pemerintah Tiongkok memutuskan memangkas 300.000 anggota militer.

Solopos.com, SOLO – Presiden Tiongkok, Xi Jinping, mengumumkan keputusan cukup mencengangkan saat upacara peringatan kemenangan Tiongkok ke-70 atas Jepang kala Perang Dunia II. Dalam pengumuman itu, Xi mengatakan akan memangkas 300.000 anggota militer.

Advertisement

”Militer Tiongkok akan dikurangi 300.000, Beijing tidak lagi mengincar hegemoni dunia,” ucap Xi sebagaimana dilansir Telegraph, Kamis (3/9/2015).

Alasan pemangkasan ratusan ribu tentara oleh Presiden Xi tak lain hanyalah untuk efisiensi. Kendati mempensiunkan tentaranya, dunia militer Tiongkok sukses mencetak prestasi mengagumkan. Negeri Tirai Bambu ini berhasil meningkatkan penjualan senjata hingga 150 persen dalam lima tahun terakhir.

Dilaporkan juga dalam situs tersebut, Tiongkok berhasil menandatangani kesepakatan termahal dalam sejarah dengan memasok delapan kapal selam ke Pakistan. Saat ini Tiongkok juga melakukan kesepakatan penjualan kapal selamnya kepada Thailand.

Advertisement

Tiongkok tercatat sebagai negara dengan jumlah tentara militer cukup besar, bahkan menduduki nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat. Memiliki banyak tentara dengan anggaran cukup besar dinilai tak lagi ekonomis. Pemangkasan tentara dinilai sebagai langkah tepat menghemat anggaran.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif