Teknologi
Kamis, 3 September 2015 - 23:10 WIB

PROSESOR SMARTPHONE : Prosesor Intel Core Bakal Hadir di Ponsel Pintar

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi microprosessor Intel (Techivian.com)

Prosesor smartphone nantinya akan memakai Intel Core.

Solopos.com, NEW YORK – Intel membuat pengumuman mengejutkan. Produsen prosesor terkemuka dunia itu mengatakan akan membenamkan prosesor Intel Core ke ponsel pintar.

Advertisement

Seperti diketahui, Intel sekarang ini mengandalkan seri prosesor Atom untuk mempersenjatai sejumlah ponsel di pasaran. Berarti ke depannya prosesor Atom tak akan sendirian lagi, kemungkinan prosesor Core generasi keenam di ponsel akan diposisikan oleh Intel di kelas atas.

Adapun varian prosesor Core yang akan dibenamkan Intel di ponsel adalah seri Core M. Prosesor ini biasanya lebih sering ditemui di perangkat notebook, ultrabook, atau notebook 2-in-1. Namun meski dibilang bakal ditanamkan di ponsel, Kirk Skagen, GM Intel mengatakan Core M lebih akan spesifik ke phablet.

Intel Core generasi keenam sendiri menggunakan arsitektur Skylake yang dipadu dengan pabrikasi 14nm. Berkat kombinasi tersebut Intel Core generasi keenam diklaim jauh lebih efisien soal konsumsi daya. Inilah yang memungkinkan Core M untuk dibenamkan di perangkat rendah daya semacam phablet.

Advertisement

Dari sisi performa, Intel Core generasi keenam juga menjanjikan performa yang lebih baik, termasuk di sisi grafisnya. Berdasarkan itu, bukan tak mungkin Core M versi ponsel akan mampu menandingi prosesor ponsel kelas atas ketika dirilis nanti, demikian dilansir Detik mengutio dari Engadget, Kamis (3/9/2015).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif