Jateng
Kamis, 3 September 2015 - 21:50 WIB

LAYANAN KESEHATAN : Puskesmas Intensif Beri Penyuluhan Kesehatan untuk Warga Kampung Laut

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Puskesmas (Dok/JIBI)

Layanan kesehatan berupa penyuluhan dilakukan secara intensif bagi warga Kampung Laut, Cilacap.

Kanalsemarang.com, CILACAP-Petugas medis Puskesmas Kampung Laut, di kawasan Segara Anakan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, secara intensif melakukan penyuluhan kepada masyarakat desa-desa setempat untuk meningkatkan kesadaran menjaga kesehatan.

Advertisement

“Hari ini, tim dari puskesmas ini penyuluhan kesehatan kepada masyarakat di Desa Penikel,” kata Kepala Puskesmas Kampung Laut di Kampung Laut, Kamis (3/9/2015).

Tim yang melaksanakan program tersebut, antara lain terdiri atas dokter, perawat, bidan, dan petugas promosi kesehatan. Mereka harus menggunakan perahu dari puskemas setempat di Desa Klaces menuju Desa Penikel di Segara Anakan.

Peserta penyuluhan dengan materi tentang kesehatan secara umum, baik kesehatan warga maupun lingkungan, antara lain kalangan warga, kader kesehatan, tokoh masyarakat, pemuka agama, dan perangkat desa.

Advertisement

“Program penyuluhan ini sebagai usulan dari kami yang bertugas di Kampung Laut yang kemudian disetujui oleh pemerintah kabupaten. Setiap tahun kami lakukan penyuluhan menjangkau semua desa,” katanya. ecamatan Kampung Laut meliputi empat desa, yakni Klaces, Penikel, Ujung Gagak, dan Ujung Alang, dengan sarana transportasi utama adalah perahu bermesin tempel.

Ia menjelaskan penyuluhan kepada warga setempat dengan materi tentang BPJS Kesehatan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya jaminan kesehatan.

“Fokusnya hari ini, tentang BPJS Kesehatan, tetapi juga disampaikan tentang pengetahuan umum kepada masyarakat untuk tetap memperhatikan masalah kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan,” katanya.

Advertisement

Pada kesempatan itu, ia juga mengatakan selama musim kemarau, pihaknya cukup banyak melayani warga yang mengalami gangguan kesehatan, antara lain infeksi saluran pernafasan atas, panas, batuk, dan gatal-gatal.

“Umumnya karena dampak musim kemarau, rata-rata di puskesmas kami melayani 10 sampai 15 pasien,” katanya.

Terkait dengan persediaan obat, katanya, hingga saat ini relatif cukup untuk penanganan pasien tersebut, sedangkan droping kebutuhan obat-obatan dari Dinas Kesehatan Cilacap ke Puskesmas Kampung Laut dilakukan secara rutin tiga bulan sekali.

Hingga saat ini, Puskesmas Kampung Laut memiliki 36 petugas yang terdiri atas seorang dokter, 11 bidan, dan 10 perawat, sedangkan lainnya petugas non-medis. Mereka bertugas di satu puskesmas, tiga puskesmas pembantu, dan tujuh Pos Kesehatan Desa. Puskesmas setempat juga memiliki satu ambulans air (berupa perahu khusus) dan satu ambulans darat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif