Sport
Kamis, 3 September 2015 - 10:25 WIB

KUALIFIKASI EURO 2016 : Belanda Miliki Spirit Baru Saat Menghadapi Islandia

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Momentum saat Belanda dikalahkan Islandia pada laga beberapa waktu silam. Ist/tsn.ca

Kualifikasi Euro 2016 di Grup A akan berhadapan Belanda vs Islandia. De Oranje kini sedang memiliki spirit baru.

Solopos.com, AMSTERDAM— Belanda menyemai asa baru di bawah pelatih dan kapten baru, Danny Blind dan Arjen Robben, untuk membawa tim keluar dari kesulitan dan mengunci satu tempat di putaran final Euro 2016.

Advertisement

Belanda berada dalam bahaya menyusul hasil tak memuaskan yang mereka bukukan di babak kualifikasi Euro 2016 Grup A. De Oranje, julukan Belanda, tercecer di urutan ketiga klasemen dengan baru mendulang 10 poin dari enam laga, tertinggal lima dan tiga poin dari Islandia dan Republik Cheska di dua urutan teratas klasemen.

Bila gagal menggusur satu dari dua rivalnya itu di dua besar klasemen, Belanda harus berjuang lolos sebagai tim peringkat ketiga terbaik atau malah bekerja keras lagi melalui babak playoff.

Advertisement

Bila gagal menggusur satu dari dua rivalnya itu di dua besar klasemen, Belanda harus berjuang lolos sebagai tim peringkat ketiga terbaik atau malah bekerja keras lagi melalui babak playoff.

Tetapi, De Oranje tak mau menyerah dalam memburu dua besar klasemen yang akan menggaransi tiket lolos otomatis ke putaran final Euro 2016 di Prancis. Terlebih, peluang Arjen Robben dkk. masih terbuka, dimulai dengan memenangi duel kandang melawan Islandia, Jumat (4/9/2015) dini hari WIB.

Belanda menyambut pertemuan itu dengan kenangan pahit kekalahan 0-2 dari Islandia dalam pertandingan di Laugardalsvollur, Reykjavik, Islandia, Oktober 2014. Saat itu, gol-gol kemenangan Islandia diborong Gylfi Sigurdsson, masing-masing pada menit ke-10 (penalti) dan ke-42.

Advertisement

Kapten Belanda, Arjen Robben, mengungkapkan tim memiliki kualitas memadai untuk mengalahkan Islandia dan juga merebut tiket lolos otomatis ke putaran final. “Tim ini mempunyai kualitas yang dibutuhkan untuk keluar dari situasi sulit saat ini. Saya sudah bugar lagi dan itu penting untukku,” ujar Robben dilansir Reuters, Rabu (2/9/2015).

Danny Blind berharap perubahan yang dia lakukan berimbas positif kepada tim, terutama dengan penujukan Arjen Robben sebagai kapten anyar. “Saya melihat Robben akan membawa antusiasme besar untuk tim,” kata Blind.

Terkait reaksi negatif Robin van Persie yang dilengser dari kapten dan menjadi wakil kapten, Blind mengungkapkan pergantian itu bukan sebuah masalah. “Saya terkesan melihat respons Van Persie. Dia pemain yang sangat profesional. Bagi dirinya, hal terpenting adalah bermain di Euro 2016 di Prancis,” lanjut eks pelatih Ajax itu.

Advertisement

Di sisi lain, Islandia tak bisa dipandang sebelah mata. Tim dari negara dengan penduduk hanya sekitar 0,5 juta jiwa itu bertekad mengukir sejarah lolos ke putaran final Euro untuk kali pertama tahun depan. Islandia melaju di jalur yang benar dan kemenangan atas Belanda akan mengamankan langkah ke Prancis.

Islandia kukuh di puncak klasemen dengan meraup 15 poin sejauh ini, hasil dari lima kemenangan dan satu kekalahan dari enam laga yang telah dilalui. Skuat besutan Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson itu tampil impresif dalam menyerang dan bertahan,  dibuktikan predikat sebagai tim terproduktif dan di sisi lain menjadi tim yang paling sedikit kebobolan.

Gylfi Siggurdsson dkk. mengukir 14 gol dalam enam laga, lebih banyak dari Belanda (13) dan Republik Cheska (12) yang membuntuti di posisi tiga besar . Sementara itu dalam pertahanan, Islandia baru kebobolan tiga gol sejauh ini, jauh lebih baik dari Belanda (6) dan Republik Cheska (8).

Advertisement

Berbekal pencapaian dan semua statistik itu, kiper Islandia, Hannes Halldorsson, menyatakan saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengukir sejarah. “ Sejak menang atas Belanda [Oktober 2014] kami sadar ini adalah generasi pemain di mana kami bisa melaju ke putaran final. Kami akan memberikan yang terbaik dan tim akan bermain tanpa rasa takut,” kata Halldorsson.

Islandia melawat ke Amsterdam berbekal kemenangan 2-1 atas Republik Cheska, Juni lalu, sedangkan Belanda membungkam Latvia 2-0. Kemenangan atas Latvia justru disusul pengunduran diri Guus Hiddink sebagai pelatih Belanda. (Triyono/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif