Teknologi
Kamis, 3 September 2015 - 21:10 WIB

KISAH UNIK : Game Terburuk Dunia Dilelang di eBay, Berminat?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan Game E.T. (Istimewa/Youtube)

Kisah unik hadir dari seorang konsultan film dokumenter Atari yang menjual game E.T.

Solopos.com, NEW MEXICO – Pernahkan Anda mendengar game E.T. (The Extra Terresterial)? Barangkali tidak, karena E.T. tak begitu digemari pecinta game. Namun, rumah produksi Xbox Entertainment Studios baru-baru ini melelang game ini dengan harga “selangit”.

Advertisement

Dilansir IGN, Kamis (3/9/2015), Game E.T. dianggap sebagai game terburuk sepanjang masa.

Konsultan film dokumenter Atari: Game Over, Joe Lewandowski, yang dikenal sebagai salah satu penemu video game tersebut menjualnya di eBay dan  dihargai US$1.535 atau sekitar Rp21,4 juta.

Mereka dilaporkan telah meraup sekitar US$ 100.000 dari penjualan game jadul Atari tersebut.
Dilansir Liputan6 mengutip laman Mirror, Kamis (3/9/2015), totalnya ada 881 games yang dijual di eBay. Beberapa diantaranya adalah game berjudul Asteroid, Super Breakout, dan Centipede.

Advertisement

Lewandowski menemukan ratusan game tersebut pada 2014, bersama sutradara film Zak Penn. Pada saat itu, ia menunjukkan salah satu kepingan game E.T. setelah sekitar tiga jam menggali.

Penn mengatakan, ratusan game dan produk Atari lainnya juga ditemukan di antara gundukan tanah dan sampah termasuk konsol video game Atari 2600.

Sekitar 200 warga dan penggemar game berkumpul di bagian tenggara New Mexico untuk melihat buldoser menggali tumpukan tanah. “Saya sangat senang karena mereka akhirnya mendapatkan sesuatu,” ujar Penn.

Advertisement

Pada 1983 memang pernah terjadi peristiwa yang dikenal dengan sebutan “The Great Video Game Crash of 1983”, di mana banyak perusahaan yang bergerak di bidang videogame bangkrut.

Saat itu terjadi inflasi besar-besaran yang berujung pada krisisnya Atari. Krisis ini membuat jutaan game yang diproduksi tidak laku. Game E.T. merupakan salah satu produk gagal Atari karena ada kesalahan karakter sehingga banyak gamermengembalikannya.

Atari pun kabarnya terpaksa mengubur jutaan produk mereka yang tidak laku terjual. Ketika game E.T. pertama kali dirilis pada 1982, game ini dipasarkan dengan harga ritel sekitar US$29,99 atau sekitar Rp420.000.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif