News
Kamis, 3 September 2015 - 03:20 WIB

KAMPUS JOGJA : 16 Mahasiswa Jepang Riset dan Pelajari Budaya Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gedung Pusat UGM Yogyakarta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Kampus Jogja menerima 16 mahasiswa pertukaran dari Jepang.

Harianjogja.com, SLEMAN – Sebanyak 16 mahasiswa Fakultas Teknik dari Universitas Ehime, Jepang mengikuti program pertukaran pelajar di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT UGM). Mahasiswa asing ini tidak hanya kuliah tetapi juga melakukan riset dan mempelajari budaya pada 1-28 september 2015.

Advertisement

Dekan FT UGM, Panut Mulyono, mengatakan kegitan pertukaran mahasiswa antar mahasiswa Fakultas Teknik (FT) UGM dengan Ehime Universuty rutin dilaksanakan setiap tahun. Program pengiriman mahasiswa ini sudah memasuki tahun kedua.

“Tahun lalu, sebanyak 20 mahasiwa dari Ehime University yang dikirim ke FT UGM,” kata Panut Mulyono usai menyambut kedatangan mahasiswa Ehime Universuty di Kantor Pusat Tata Usaha (KPTU) Fakultas Teknik UGM, Rabu (2/9/2015) seperti rilis yang Harianjogja.com terima.

Program pertukaran mahasiswa ini menurut Panut dilaksnakan setelah adanya penandantangan kerja sama antar kedua fakultas pada tahun 2013. Kerja sama pertukaran mahasiswa itu direalisasikan dengan saling mengirim mahasiswa selama satu bulan di fakultas teknik masing-masing.

Advertisement

“Bulan November ini, Fakultas Teknik akan mengirim 20 orang mahasiswa dari berbagai jurusan ke sana,” kata Panut.

Selama menempuh pendidikan di UGM, mahasiswa asing akan didampingi oleh para mahasiswa yang nantinya akan diberangkatkan ke Ehime University. Panut meminta mahasiswa dari Ehime University memanfaatkan waktu sebaik mungkin selama mengikuti program pertukaran.

“Anda tidak hanya belajar teknologi, saya kira di Jepang teknologi di sana jauh lebih berkembag, tapi anda juga belajar budaya, pendidikan, situasi dan kondisi yang ada di sini,” ujar Panut.

Advertisement

Koordintor Student Exchange FT UGM dan Ehime University, Herianto, mengatakan selama satu bulan mahasiswa dari Ehime University akan melakukan kegiatan riset di laboratorium di FT UGM. Salah satu teknologi yang akan diperkenalkan dan tinjau langsung oleh mahasiswa di antaranya teknologi pengolahan limbah buah menjadi biogas yang ada di pasar buah Gamping, Sleman, dan riset mengenai tekologi struktur bangunan anti gempa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif