Sport
Rabu, 2 September 2015 - 03:25 WIB

MOTOGP 2015 : Bursa Pembalap Medioker Memanas

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pembalap MotoGP 2015 sedang berpacu dalam sebuah balapan. Ist/dok

MotoGP 2015 masih menyisakan enam seri. Namun bursa pembalap papan tengah mulai ramai diperbincangkan.

Solopos.com, SILVERSTONE—Bursa pembalap medioker Motogp sudah mulai memanas meski musim 2015 masih menyisakan enam seri. Sejumlah tim terang-terangan menggaet pembalap anyar, tapi ada pula yang masih melakukan penjajakan, termasuk mendekati para pembalap Moto 2.

Advertisement

Pembalap Inggris, Scott Redding, misalnya memilih mengakhiri kontrak dengan tim debutan Motogp, Marc VDS, dan setuju bergabung dengan tim satelit Ducati, Pramac Racing, untuk musim 2016 mendatang. Keputusan ini diambil baik Redding maupun Marc VDS yang sama-sama frustrasi akan performa mereka di musim ini.

Rapor buruk Redding tak lebih baik daripada musim debutnya di ajang kelas premier ini musim lalu. Mendapat motor apik Honda RC213V, runner up Moto 2 2013 itu gagal membuat kejutan. Penampilan terbaik Redding adalah finis ketujuh. Kini ia bertengger di peringkat ke-13 klasemen sementara.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada Scott ke keluarga Ducati. Kami sudah melihat Scott sejak ia membalap di Moto 2 dan debut di Motogp. Kami berdiskusi dengannya selama GP Cheska lalu memutuskan inilah saat yang tepat berbicara,” ujar Direktur Olahraga Ducati Corse, Paolo Ciabatti, dilansir crash.net, Selasa (1/9/2015).

Advertisement

Redding bakal diduetkan dengan Danilo Petrucci yang tampil memukau merebut podium kedua di GP Inggris, akhir pekan lalu. Kedatangan pembalap berusia 22 tahun itu mengisi tempat yang ditinggalkan Yonny Hernandez yang pindah ke Avintia Ducati.

Sepeninggal Redding, Marc VDS masih menjajaki sejumlah pembalap. Salah satunya dengan mempromosikan juara Moto 2 2014, Esteve Rabat. Tapi, Tito Rabat bukan satu-satunya pilihan. Tim asal Belgia ini mempertimbangkan untuk menurunkan dua pembalap di musim depan setelah berstatus single seater di musim ini.

Nama rider debutan Jack Miller yang masih berseragam LCR Honda masuk radar mereka. Rumor ini diperkuat setelah LCR Honda kemungkinan kembali hanya akan mengandalkan satu pembalap dengan memperpanjang kontrak Cal Crutchlow.

Advertisement

Tim Aspar juga punya kursi kosong satu lantaran Nicky Hayden mungkin bakal pindah ajang ke World Superbike (WSBK). Tim kelas terbuka yang memakai jasa Honda untuk urusan motor itu punya beberapa kandidat. Antara lain tiga pembalap Moto 2, Sam Lowes, Johann Zarco, dan Danny Kent.

“Saya menyukai Sam Lowes, Johann Zarco, Yonny Hernandez, Danny Kent juga Eugene Laverty, dan mungkin And Jack Miller,” papar bos Aspar, Jorge Martinez, dilansir speedweek.com.

Di sisi lain Aprilia Gresini diperkirakan menyodorkan kontrak baru kepada Stefan Bradl. Setelah tim lama, Yamaha Forward Racing, tersandung masalah finansial di tengah musim, Bradl berlabuh ke Aprilia yang ditinggalkan Marco Melandri. Ia berpartner dengan Alvaro Bautista. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif