Jatim
Rabu, 2 September 2015 - 10:05 WIB

Millennium Challenge Corporation Pastikan Magetan Tak BAB Sembarangan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi WC Umum (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Millennium Challenge Corporation dari Amerika Serikat mengunjungi Magetan.

Madiunpos.com, MAGETAN — Tim Millennium Challenge Corporation (MCC) Amerika Serikat didampingi oleh tim Millennium Challenge Account-Indonesia (MCA-Indonesia) meninjau kegiatan open defecation free (ODF) atau bebas buang air besar (BAB) sembarangan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Selasa (1/9/2015).

Advertisement

Peninjauan kegiatan ODF tersebut di antaranya dilakukan di Desa Campursari, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan. Tim yang terdiri atas tujuh warga negara Amerikat Serikat itu didampingi oleh Dinas Kesehatan Magetan.

Dalam peninjauan tersebut, tim menggali berbagai informasi dari tokoh masyarakat dan warga desa setempat tentang upaya yang dilakukan hingga Desa Campursari terbebas dari BAB sembarangan. “Kami memilih Magetan, karena daerah tersebut telah menyandang gelar bebas ODF. Kami ingin menggali informasi lebih banyak kepada masyarakatnya tentang upaya-upaya yang dilakukan hingga dapat meninggalkan kebiasaan tidak sehat tersebut,” ujar Direktur MCA-Indonesia, Lukas Adhiakso.

Menurut Lukas, hasil informasi yang diperoleh di Magetan, nantinya akan dijadikan bahan referensi untuk diterapkan di kabupaten lain sehingga daerah-daerah lain di Indonesia juga terbebas dari kegiatan BAB sembaranganatau ODF. “Informasi yang kami gali fokus pada perubahan perilaku masyarakat yang bisa meninggalkan kebiasaan buang air besar sembarangan,” kata Lukas.

Advertisement

Berdasarkan peninjauannya, diketahui di Kabupaten Magetan terdapat Forum Kabupaten Sehat yang berperan dalam menunjang program-program pemberdayaan kesehatan. Hal yang dilaksanakan diantaranya pemberdayaan posyandu serta menyosialisasikan agar masyarakat memiliki perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kegiatan PHBS itu diantaranya cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, pemeriksaan jentik nyamuk secara berkala oleh kader-kader PKK dan Dasa Wisma. Selain itu, mewujudkan Desa ODF atau desa yang sudah bebas buang air besar di sembarang tempat. Bukan hanya di Desa Campursari Kecamatan Sidorejo, tinjauan juga dilakukan di Desa Janggan Kecamatan Poncol dan Desa Nguri Kecamatan Lembeyan.

 

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif