Teknologi
Rabu, 2 September 2015 - 13:30 WIB

KISAH INSPIRATIF : Ciptakan Aplikasi Android, Kuli Ini Raup Rp16,5 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Henry Jufri (Detik)

Kisah inspiratif datang dari Henry Jufri yang mendapatkan uang Rp16,5 juta saat menciptakan beberapa aplikasi Android.

Solopos.com, MAKASSAR — Kisah inspiratif kali ini menceritakan kuli angkut barang di Makassar bernama Henry Jufri. Kuli barang di pelabuhan Makassar ini mampu merakit aplikasi berbasis Android.

Advertisement

Dikutip dari Detik, Rabu (2/8/2015), dari keahlian menciptakan aplikasi Android, Henry yang mengenyam pendidikan hanya sampai kelas IV sekolah dasar itu mampu meraup rata-rata ratusan hingga seribuan dolar per bulan.

Henry mengaku dari beberapa aplikasi yang dirakitnya bulan Juli lalu mendapat transfer uang dari Google di Singapura sebanyak US$1.175 atau Rp16,5 juta. Sementara pada Agustus ini penghasilannya menurun menjadi US$800 atau Rp11,2 juta.

Henry mengaku belajar membuat aplikasi game berbasis Android dari kawan-kawannya di komunitas Android Developers Makassar.

Advertisement

Sebelum rutin mendapat transferan dari Google, Henry sudah membuat lebih dari 100 aplikasi. Semua dihasilkan secara otodidak dengan menggunakan beragam software sejak Oktober 2014 silam. Salah satu aplikasinya adalah Belajar Huruf Angka Balita yang mendapat rate 4 bintang di Google Play.

“Sebelum rutin membuat aplikasi, saya lebih dulu menjadi blogger dan aktif di Komunitas Internet Marketing Makassar. Di komunitas ini kita saling berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar manfaat internet,” ujar Henry yang pernah tiga tahun menjadi TKI ilegal di perkebunan kelapa sawit di Malaysia.

Meski telah mendapatkan penghasilan yang lebih dari cukup menghidupi istri dan dua anaknya, Henry enggan meninggalkan pekerjaan sebelumnya sebagai kuli barang di pelabuhan.

Advertisement

“Penghasilan sebagai kuli angkat barang penumpang tidak menentu, tergantung jumlah penumpangnya, rata-rata sekitar Rp2 juta per bulan,” tutup Henry.

Berikut ini link video profil Henry Jufri di situs Youtube, https://www.youtube.com/watch?v=yaSWPP5I0so.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif