News
Rabu, 2 September 2015 - 10:15 WIB

KEBAKARAN TRANSJAKARTA : Pool Trans Batavia Terbakar, Belasan Bus Transjakarta Hangus

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Polisi memasang garis polisi di lokasi kebakaran pool busway, Rawa Buaya, Jakarta Barat, Selasa (1/9/2015) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Lucky R.)

Kebakaran Transjakarta terjadi di pool Rawa Buaya.

Solopos.com, JAKARTA – Kebakaran melanda tempat pemarkiran bus atau pool Trans Batavia di Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (1/9/2015) malam. Belasan bus Transjakarta dilaporkan hangus dalam kejadian itu.

Advertisement

Dugaan sementara, api muncul dari ledakan tabung gas.

Menurut data Kepolisian Polda Metro Jaya dan Sudin Damkar dan PB, kebakaran yang melanda tempat pemarkiran bus Transjakarta itu terjadi pada sekitar 18.00 WIB.

Advertisement

Menurut data Kepolisian Polda Metro Jaya dan Sudin Damkar dan PB, kebakaran yang melanda tempat pemarkiran bus Transjakarta itu terjadi pada sekitar 18.00 WIB.

Laporan kebakaran langsung diterima Sudin Damkar dan PB, yang direspons dengan pengerahan 31 unit mobil pemadam kebakaran.

“Api berhasil dipadamkan pada 19.30 WIB,” kata Petugas Operator Sudin Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penanggulangan Bencana (PB) Jakbar, Noorman, dilansir Antara, Rabu (2/9/2015).

Advertisement

Menurut keterangan seorang pekerja bengkel, api berasal dari salah satu armada yang dalam kondisi rusak. Saat itu, saksi dan temannya sedang memperbaiki armada bus TransJakarta yang lain.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal mengatakan sebelum kebakaran, beberapa kali terjadi ledakan yang membuat suku cadang bus di lokasi tersebut terlempar.

Iqbal menyebut ledakan diduga berasal dari tangki gas. “Ada ledakan karena armada yang tidak beroperasi tersebut didalamnya masih terdapat gas di dalam tangkinya,” imbuh dia.

Advertisement

Iqbal menuturkan salah satu saksi yang juga karyawan di pool tersebut, Gungun, 35, melihat kepulan asap.

“Saksi melihat kepulan asap hitam dari salah satu armada yang tidak beroperasi,” ujar Iqbal dilansir Antara.

Iqbal menyebutkan Gungun bersama rekannya langsung berusaha memadamkan menggunakan alat yang berada di pool.

Advertisement

Akibat kobaran api membesar, para karyawan berlarian menyelamatkan diri. Kebakaran tersebut dikabarkan tidak mengakibatkan korban jiwa.

Lokasi terbakarnya bus TransJ yang terjadi kemarin petang memang sekaligus merupakan bengkel bus TransJ. Total ada 38 armada, terdiri 28 armada rusak berat dan 10 dalam perbaikan. Di lokasi juga terdapat SPBG, namun jaraknya dengan TKP kebakaran cukup jauh sekitar 75 meter.

Sementara, Manajer Operasional PT Trans Batavia, Daryono, menyebut 18 bus terbakar di pool Rawa Buaya.

“Jumlah bus yang terbakar 18,” ujar Daryono.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif