Jogja
Rabu, 2 September 2015 - 14:20 WIB

FESTIVAL GEROBAK SAPI : 227 Peserta akan Meriahkan Festival Gerobak Sapi di Stadion Sultan Agung

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beberapa gerobak sapi yang ikut memeriahkan Festival Gerobak Sapi 2014 di lapangan utara Stadion Maguwoharjo, Sabtu (23/8/2014). (JIBI/Harian Jogja/Rima Sekarani)

Festival gerobak sapi di Stadion Sultan Agung Bantul akan dimeriahkan oleh 227 peserta

Harianjogja.com, BANTUL-Sukses dua tahun lalu digelar di komplek Stadion Maguwoharjo, untuk tahun ini Festival Gerobak Sapi digelar di Bantul. Mengambil lokasi di Stadion Sultan Agung, ajang tahunan itu rencananya akan digelar Sabtu-Minggu (5-6/9/2015) mendatang.

Advertisement

Saat jumpa pers beberapa hari lalu, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Arya Nugrahadi mengatakan, acara tahunan itu akan melibatkan 227 peserta pemilik ataupun kolektor gerobak sapi di DIY dan Jawa Tengah. Ia berharap, acara itu mampu membangkitkan kembali gairah pariwisata di DIY, khususnya Bantul sebagai tuan rumah tahun ini.

Selain itu, ia pun berharap festival tersebut bisa turut membantu upaya revitalisasi fungsi gerobak sapi sebagai salah satu pusaka tradisi Indonesia. Sebagai salah satu moda transportasi tradisional, gerobak sapi memang memiliki peran penting dalam proses mobilitas masyarakat tradisional.

“Itulah, melalui festival ini, kami ingin merevitalisasi gerobak sapi agar memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi,” ujarnya.

Advertisement

Dalam festival itu, seluruh peserta akan ditantang dalam beberapa kategori lomba, yakni gerobak sapi hias, kostum gerobak sapi, dan balap gerobak sapi. Selain itu, pihaknya juga membuka beberapa kategori umum, yakni lomba foto profesional, lomba desain grafis, dan lomba foto selfie. “Untuk hadiahnya kami siapkan hadiah Rp60 juta,” imbuhnya.

Selain itu, panitia juga memberikan insentif bagi seluruh peserta atau kolektor gerobak sapi untuk menghiasi masing-masing gerobaknya sebesar Rp335.000. Saat lomba berlangsung, pihaknya juga mempersilakan seluruh penonton atau wisatawan baik domestik, maupun mancanegara naik bak gerobak sapi dengan dipungut biaya Rp 20.000 per orang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif