News
Rabu, 2 September 2015 - 23:15 WIB

EKONOMI INDONESIA : Pemerintah Tunda Luncurkan Paket Kebijakan Ekonomi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Darmin Nasution (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Ekonomi Indonesia ini terkait rencana pemerintah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi.

Solopos.com, JAKARTA — Peluncuran paket kebijakan ekonomi untuk mendorong masuknya valuta asing dan mendongkrak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat ditunda.

Advertisement

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pemerintah mengumumkan deregulasi yang menyangkut 154 peraturan.

Untuk itu, pihaknya akan mengumumkan deregulasi terlebih dahulu sebelum meluncurkan paket kebijakan ekonomi.

“Yang terjadi adalah yang akan diumumkan terlebih dahulu adalah deregulasi, sedangkan paket kebijakan ekonomi pada kesempatan berikutnya,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Advertisement

Darmin menuturkan pemerintah akan mengeluarkan kebijakan fiskal, kelemilikan warga negara asing terhadap apartemen, debt to equity ratio, dan aturan pajak untuk perusahaan yang mengajukan pinjaman luar negeri. Hal tersebut dilakukan untuk memproteksi dari kemungkinan gagal bayar.

Menurutnya pemerintah juga akan mengatur ulang impor sapi, agar tidak hanya mendatangkan sapi bakalan, tetapi juga harus indukan. Bahkan pemerintah juga akan memperluas wilayah asal sapi yang diimpor Indonesia.

“Ke depan, impornya itu menurut zona. Misalnya di India, walaupun tidak sepenuhnya bebas penyakit mulut dan kuku, tapi ada daerah yang bebas dan ringan persoalannya,” ujarnya.

Advertisement

Untuk diketahui, paket kebijakan ekonomi yang disiapkan menyangkut sektor riil, keuangan, deregulasi, tax holiday, dan beberapa kebijakan baru untuk memperlancar kegiatan ekonomi di dalam negeri, serta mendorong masuknya valuta asing dari luar negeri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif