Otomotif
Selasa, 1 September 2015 - 11:15 WIB

SEPEDA MOTOR KAWASAKI : KMI Impor Motor Baru, Indikasi Motor Bajaj

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bajaj Wind 125 tahun produksi 2006. (Bikez.com)

Sepeda motor Kawasaki kode BR125H kuat dugaan adalah produk Bajaj.

Solopos.com, SOLO – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan mengimpor sepeda motor terbaru bermesin 125 cc. Dugaan sementara mengatakan sepeda motor terbaru itu adalah produk Bajaj India.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Solopos.com di laman TPT Online milik Kementerian Perindustrian, Senin (31/8/2015), KMI telah mendaftarkan sepeda motor terbaru  yang akan hadir di Indonesia secara secara impor dengan kode BR125H.

Status permohonan dari kode misterius itu juga telah disetujui namun hanya sebagai unit uji tipe sebanyak satu unit.

Angka 125 pada kode tersebut dapat dipastikan mengarah ke kubikasi mesin 125 cc. Akan tetapi seperti diketahui, satu-satunya produk KMI bermesin 125 cc saat ini adalah Kawasaki Athlete yang varian terbarunya telah meluncur Mei 2015 lalu.

Advertisement

Lantas motor apa yang bersembunyi di balik kode misterius itu?

Sesuai kebiasaan yang dilakukan KMI dalam mengodekan produknya, pengamat otomotif Taufik Hidayat dari Tmcblog mengatakan kode BR selalu mengarah ke sepeda motor tanpa fairing alias naked sport bermesin satu silinder.

Sedangkan huruf H di belakang angka 125, menurutnya adalah angka untuk generasi mesin.

Advertisement

“Bisa jadi kode BR125H bila dibaca jadi ‘motor naked sport merk Kawasaki atau afiliasinya dengan mesin  satu silinder 125 cc generasi H atau kedelapan,” terang Taufik.

Berdasarkan histori KMI, menurut Taufik, kode BR kerap mengarah ke sepeda motor produksi Bajaj India yang di-rebrand oleh KMI.

“Flasback ke belakang, KMI pernah juga mendaftarkan kode BR125B yang merupakan Bajaj-Kawasaki Wind,” imbuhnya.

Terkait kode tersebut, hingga saat ini KMI belum memberi pengumuman apapun. Akan tetapi Taufik menyimpulkan dugaan terkuat sementara kode BR125H adalah sepeda motor Kawasaki yang aslinya adalah produk Bajaj India.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif