News
Selasa, 1 September 2015 - 17:35 WIB

DEMO BURUH : Buruh Tolak Serbuan Tenaga Kerja Asing ke RI

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Demo buruh digelar di Jakarta dan kota-kota lain hari ini.

Solopos.com, JAKARTA – Buruh menolak masuknya tenaga kerja asing yang belakangan banyak masuk ke Indonesia secara mudah tanpa kualifikasi kemampuan berbahasa Indonesia.

Advertisement

“Tenaga Kerja Asing (TKA) jangan sampai menggilas buruh lokal,” kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal di Jakarta, Selasa.

Salah satu tuntutan para buruh itu, kata Said, akan disampaikan kepada pemerintah dengan diawali aksi demonstrasi terlebih dahulu di sejumlah titik di Jakarta Pusat seperti area Patung Kuda, Istana Merdeka dan lokasi ibu kota penting lainnya.

Unjuk rasa kali ini merupakan gabungan dari sejumlah elemen organisasi buruh seperti KSPI, KSPSI dan KSBSI.

Advertisement

Selain menolak TKA, kata Said, buruh juga mengajukan sejumlah tuntutan penting seperti desakan agar pemerintah menurunkan harga BBM dan sembako.

Buruh juga menolak pemutusan hubungan kerja (PHK) massal oleh sektor industri akibat perlambatan pertumbuhan ekonomi serta melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nuwa Wea mengatakan masalah ekonomi nasional sangat merugikan buruh.

Advertisement

Melemahnya rupiah dan perlambatan ekonomi Indonesia, kata Andi, membuat sejumlah industri melakukan efisiensi dengan merumahkan sejumlah karyawan pabrik.

Banyak pabrik, kata dia, yang kesulitan mendapatkan komoditas bahan baku yang murah karena didatangkan dengan jalan impor dan pembayarannya menggunakan dolar AS.

??? Sementara perlambatan ekonomi, lanjut Andi, juga dipicu oleh lemahnya rupiah.

??? “Kalau produk mahal, masyarakat tidak akan mampu beli dan otomatis barang produksi pabrik tidak ada yang beli,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif