News
Senin, 31 Agustus 2015 - 03:45 WIB

PENDIDIKAN PROFESI GURU : PPGJ Diwacanakan Jadi Pengganti PLPG

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gerbang UMS Solo (muslimdaily.net)

Pendidikan profesi guru, PLPG UMS diwacanakan berubah menjadi PPGJ

Solopos.com, SUKOHARJO–Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 2015 Rayon 141 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi pelaksanaan Program PLPG untuk kali terakhir diadakan oleh pemerintah. Program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPGJ) diwacanakan sebagai pengganti Program PLPG tersebut.

Advertisement

Sekretaris Pelaksana Panitia PLPG Rayon 141 UMS, Anam Sutopo, mengatakan sejauh ini konsep Program PPGJ yang diwacanakan pemerintah telah disiapkan. Namun pihaknya belum bisa memberikan kepastian realisasinya. Terlebih karena saat ini, untuk program kaitannya dengan pengembangan profesi guru, juga ada pilihan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Menurut Anam, PPG kemungkinan sudah gencar dikatakan sebagai pengganti PLPG. Namun sejauh ini, konsep PPG masih menemui kendala. Sebab untuk mengikuti program tersebut, secara teknis peserta PPG harus meninggalkan pekerjaan selama satu tahun. Selain itu, peserta program harus menanggung biaya mengikuti PPG secara pribadi.

“Pesertanya adalah guru-guru. Nah biasanya yang jadi kendala apakah sekolah sanggup untuk mengizinkan gurunya melaksanakan itu? Karena bisa jadi tidak hanya satu orang dalam satu sekolah yang melaksanakan PPG,” terang Anam ketika ditemui wartawan di Kampus UMS, Sabtu (29/8/2015).

Advertisement

Sedangkan untuk Program PPGJ, lanjut Anam, sesuai yang diwacanakan pemerintah, konsep tersebut mencakup pembuatan portofolio yang dinilai sama dengan 10 SKS, workshop 16 hari setara dengan 10 SKS, serta praktik mengajar selama tiga bulan setara dengan 14 SKS

“Baik PPG maupun PPGJ sebenarnya sudah ada konsep. Namun dengan adanya kendala tersebut, masih menjadi pertimbangan pemerintah hingga belum diputuskan mana yang akan diterapkan,” terangnya.

Sementara di lapangan, ungkapnya, ada harapan dari kalangan guru agar Program PPG diterapkan bagi yang baru lulus atau fresh graduate. Sedangkan untuk Program PPG, Maka yang ada di lapangan yaitu para guru berharap PPG diterapkan bagi yang fresh graudate. Lalu yang PPGJ diterapkan bagi guru-guru yang sudah lama mengajar.

Advertisement

Sementara itu, menurut Anam, Program PLPG 2015 Rayon 141 UMS telah selesai dilaksanakan awal Agustus ini dan diikuti 465 peserta. Dari jumlah tersebut, jelasnya, dilakukan verifikasi dan hanya 432 peserta yang lolos.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif