News
Senin, 31 Agustus 2015 - 13:40 WIB

HAJI 2015 : Konjen: Jangan Paksakan Diri ke Masjidil Haram

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi haji (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Haji 2015, Konsulat Jenderal RI di Jeddah, meminta jemaah calon haji yang baru tiba di Mekah untuk tidak memaksakan diri selalu beribadah di Masjidil Haram.

Solopos.com, MEKAH–Konsul Jenderal (konjen) RI di Jeddah, Dharmakirty Syailendara Putra, mengimbau jamaah calon haji yang baru tiba di Makkah dari Madinah, tidak memaksakan diri untuk selalu beribadah di Masjidil Haram, karena puncak haji masih lama.

Advertisement

“Jaga kesehatan karena [udara] masih panas. Jangan memaksakan diri masuk Masjidil Haram,” ujarnya seusai menerima rombongan pertama yang masuk Kota Mekahh, di Hotel Grand Al Tasyeer, Mekah, Minggu (30/8/2015), seperti dilansir Antara, Senin (31/8/2015).

Ia mengatakan puncak proses haji yaitu wukuf di Arafah masih panjang, sekitar 22 hari lagi. Oleh karena itu ia mengimbau agar jamaah menghemat tenaga untuk menghadapi proses di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

“Jaga fisik, jaga kesehatan, komunikasi dengan sesama jemaah, harus saling memberikan komunikasi,” ujar Dharmakirty.

Advertisement

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Arsyad Hidayat, mengatakan tahun ini pemerintah berupaya meningkatkan pelayanan bagi jamaah yang bisa terlihat dari kondisi pemondokan yang ini sekelas hotel bintang tiga dan empat.

“Oleh karena itu di hotel ini tidak boleh memasak. Nanti disiapkan semacam kafetaria,” katanya. Selain itu, hotel juga menyiapkan air zam-zam, seprai yang diganti sepekan sekali, serta fasilitas keamanan dan kebersihan yang lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Rombongan jemaah asal Tasikmalaya, Jawa Barat, menjadi rombongan pertama calon haji yang tiba di Mekah pukul 15.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 18.00 WIB.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif