Lifestyle
Minggu, 30 Agustus 2015 - 02:45 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini 5 Makanan Sehat Cegah Inflamasi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi radang sendi akibat inflamasi (www.memobee.com)

Tips kesehatan untuk mencegah inflamasi atau peradangan.

Solopos.com, SOLO – Inflamasi atau peradangan  yang dapat menyebabkan panas, bengkak, nyeri dan gangguan fungsi organ kini ada solusinya. Mengonsumsi makanan higienis dan sehat menjadi salah satu jalan untuk mengobati inflamasi pada tubuh.

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Kamis (27/8/2015) dari Rodalewellness.com, inflamsi yang sudah kronis dapat memicu penyakit seperti radang sendi, diabetes, penyakit jantung , darah tinggi dan kanker. Meskipun inflamasi adalah reaksi imunitas terhadap mikroorganisme asing yang masuk ke dalam tubuh, produksi sel imun yang berlebihan justru dapat membahayakan kesehatan.

Berikut adalah makanan-makanan yang dapat meredakan inflamasi:

Advertisement

Berikut adalah makanan-makanan yang dapat meredakan inflamasi:

1. Rempah-Rempah

Tanaman terbal dan rempah-rempah seperti kemangi, kunyit, merica, jahe, oregano dan kayu manis merupakan bahan makanan yang mengandung antioksidan. Kandungan tanaman herbal dan rempah-rempah mampu mengurangi senyawa inflamasi khususnya yang menyebabkan nyeri sendi.

Advertisement

Kedelai dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh inflamasi. Kedelai dapat membantu meredakan inflamasi yang menyebabkan gangguan jantung. Kandungan lemak nabati pada kedelai merupakan solusi tepat untuk mengurangi peradangan kardiovaskular.

3. Ikan

Salmon, sarden, dan ikan asin yang kaya akan omega 3 dan asma lemak dapat mengurangi peradangan yang disebabkan inflamasi.

Advertisement

4. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung vitamin C dan E serta beta-karoten yang memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan dan membuat kulit lebih sehat.

5. Teh

Advertisement

Teh mengandung senyawa yang mampu menangkal radikal bebas, katekin. Teh dapat mengurangi peradangan pada otot dan memulihkan tenaga dengan cepat. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif