Soloraya
Sabtu, 29 Agustus 2015 - 23:00 WIB

SIPA 2015 : Sambut SIPA Lewat "Anakan"

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kelompok musik perkusi Ethnic Cussion tampil memukau saat pre even SIPA di Atrium The Park Mall, Solo baru, Sukoharjo, Sabtu (29/8/2015) malam. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

SIPA 2015, salah satu agenda wisata Kota Solo segera digelar.

Solopos.com, SOLO — Pre-Event Solo International Performing Art (SIPA) 2015 kembali digelar untuk kali kedua. Acara yang digelar di Atrium The Park Solo Baru, Sabtu (29/8/2015) malam, ini menampilkan berbagai genre musik, salah satunya musik etnik.

Advertisement

Dua orang laki-laki dan perempuan mengenakan pakaian Dashiki asal Afrika Barat asyik menabuh Jimbe. Dibelakangnya seorang lainnya menabuh Dundun. Kolaborasi tabuhan jimbe dan dundun mereka menghasilkan irama musik cukup apik. Atrium The Park Solo Baru, tiba-tiba jadi bernuansa etnik.

Grup musik tradisional bernama Etnic Cussion asal Institut Seni Indonesia (ISI) Solo ini menampilkan lagu berjudul Anakan. Pandan Wangi, 30, salah satu personel Etnic Cussion mengatakan Anakan merupakan bahasa Afrika yang berarti selamat datang. “Jadi kami sengaja tampilkan Anakan ini untuk menyambut SIPA 2015 ini,” kata dia ketika dijumpai Solopos.com seusai tampil.

Melalui penampilan grup musiknya, Pandan berharap, SIPA 2015 yang akan digelar beberapa hari lagi ini bisa berjalan lancar dan meriah.

Advertisement

Koordinator bidang media Panitia SIPA 2015, Wahyu Ranisolikah, mengatakan selain menampilkan musik etnik, Pre-Event ini juga menampilkan musik kontemporer.

“Ada beberapa penampilan band seperti Euforia Band yang menampilkan karya mereka sendiri. Ada juga Drei Kembang Band yang menampilkan musik humor,” kata perempuan yang akrab disapa Wara.

Selain itu, Pre-Event SIPA 2015 kali ini juga menampilkan beberapa tarian tradisional seperti Tari Kidang, Tari Manipuri, dan Tari Golek dari Candra Kirana Arts Center.

Advertisement

Dia menambahkan selain bertujuan mempromosikan SIPA 2015, Pre-Event kali ini juga menyosialisasikan Indonesia International Mask Festival (IIMF) dan International Antient Mask Summit (IAMS) yang akan digelar pada 4-6 September 2015 mendatang di Solo. “IIMF dan IAMS juga termasuk rangkaian dari SIPA 2015,” kata dia.

Advertisement
Kata Kunci : Sipa SIPA 2015 Wisata Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif