News
Sabtu, 29 Agustus 2015 - 23:45 WIB

SELEKSI PIMPINAN KPK : Presiden Sibuk, Penyerahan Nama Capim KPK Ditunda

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Srikandi Panitia Seleksi (Pansel) calon Pimpinan KPK (Rahmanto/JIBI/Solopos)

Seleksi pimpinan KPK segera diakhiri dengan penyerahan rekomendasi 8 nama capim KPK. Namun, Presiden Jokowi masih sibuk.

Solopos.com, JAKARTA — Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK sedianya akan memberikan delapan nama calon kepada Presiden Jokowi pada Senin (31/8/2015) mendatang. Namun, rencana tersebut diundur hingga 2 September 2015.

Advertisement

Pengunduran penyerahan nama calon pimpinan tersebut dikarenakan alasan kesibukan presiden. “Ya waktu itu kan rencana 31, tapi jadwal presiden penuh. Jadi tanggal 2 itu pansel akan serahkan ke presiden.” ujar Betty Alisjahbana melalui telepon, Sabtu (29/8/2015).

Betty Alisjahbana menegaskan, agenda pada 2 September 2015 tersebut hanya memberikan daftar nama kepada presiden dan bukan untuk mengumumkan siapa saja yang lolos. “Kita enggak bilang akan mengumumkan, tapi tanggal 2 [September] kita serahkan namanya ke Presiden. Kapannya dan apakah Presiden atau bukan yang mengumumkan, kita belum tahu,” tambah Betty.

Pansel KPK menyatakan tidak akan melanjutkan melanjutkan proses untuk calon pimpinan yang berstatus tersangka tersebut. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang KPK yang menyatakan komisioner berstatus tersangka harus berhenti dari jabatannya.

Advertisement

Sebelumnya, Kabareskrim Komjen Pol. Budi Waseso mengatakan dari 48 nama capim, pihaknya sudah menetapkan tersangka kasus pidana. Budi tak merinci pidana apa yang menjerat capim tersebut.

Menurut dia, hingga kini pengusutan kasus terus berjalan, bahkan beberapa hari lalu penyidik telah memeriksa saksi tambahan. Karena itu, Kabareskrim mewanti-wanti Pansel KPK agar tidak meloloskan capim yang bermasalah tersebut. Namun jika capim meloloskannya, maka Bareskrim akan meminta pertanggungjawaban pansel terkait hal tersebut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif