Jateng
Jumat, 28 Agustus 2015 - 05:50 WIB

TRANSPORTASI MASSAL : Kembangkan Transportasi Massal, Butuh Keseriusan Pemprov

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus Transjakarta (JIBI/Bisnis/Endang Muchtar)

Transportasi massal jika akan dikembangkan butuh keseriusan pemerintah provinsi Jateng.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah, Hadi Santoso, berpendapat diperlukan keseriusan pemerintah provinsi setempat menerapkan kebijakan dan pengembangan transportasi massal untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di sejumlah daerah.

Advertisement

“Pemprov Jateng, khususnya Dinas Perhubungan harus serius dan melakukan tindakan nyata agar penerapan kebijakan transportasi massal bisa berhasil,” katanya di Semarang, Kamis (27/8/2015).

Menurut Hadi, selain keseriusan dari Pemprov Jateng, masyarakat juga perlu didorong untuk menggunakan transportasi massal, meskipun hal tersebut tidak mudah karena harus mengubah paradigma di masyarakat.

Advertisement

Menurut Hadi, selain keseriusan dari Pemprov Jateng, masyarakat juga perlu didorong untuk menggunakan transportasi massal, meskipun hal tersebut tidak mudah karena harus mengubah paradigma di masyarakat.

“Masyarakat berpikiran bahwa kalau menggunakan kendaraan pribadi dalam melakukan berbagai aktivitas itu akan dianggap sebagai orang sukses atau sebagai cara menunjukkan eksistensinya,” ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan berencana mengembangkan angkutan aglomerasi sebagai bagian dari transportasi massal di Jawa Tengah guna mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya.

Advertisement

Koridor Semarang-Bawen menjadi prioritas utama pengembangan angkutan aglomerasi di Jateng karena besarnya potensi permintaan pelayanan angkutan umum pada koridor tersebut dari dan ke pusat kegiatan.

Angkutan aglomerasi Semarang-Bawen yang akan dimulai pada tahun ini sudah dialokasikan anggaran senilai Rp28 miliar yang berasal dari APBD Jateng Perubahan 2014 dan APBD Jateng murni 2015.

Alokasi anggaran tersebut antara lain, untuk pengadaan 25 unit armada bus senilai Rp15 miliar, pembangunan halte di sejumlah titik Rp4,6 miliar, dan biaya operasional selama satu tahun sebesar Rp7,4 miliar.

Advertisement

Angkutan aglomerasi Semarang-Bawen akan dilayani 40 bus, dengan rincian 15 bus dari pemerintah pusat dan 25 bus dari Pemprov Jateng.

Dalam layanannya nanti angkutan aglomerasi Semarang-Bawen akan terintegrasi dengan koridor layanan BRT Trans Semarang koridor 1 (Mangkang-Penggaron) koridor 2 (Terboyo-Sisemut Ungaran), dan koridor 3 (Tanjung Emas-Kaliwiru-Simpang Lima).

Selain Semarang-Bawen, pemerintah pusat juga akan mengembangkan angkutan aglomerasi di Semarang-Kendal, Semarang-Karangtengah, Semarang-Gubug, Tegal-Slawi, Kudus-Mayong, Secang-Magelang-Muntilan, Purwokerto-Purbalingga, Purwokerto-Ajibarang, Purwokerto-Rawalo, Purwokerto-Kroya. Kemudian, Surakarta-Sukoharjo, Surakarta-Karanganyar, Surakarta-Masaran, Surakarta-Delanggu, dan Surakarta-Boyolali.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif