Umum
Jumat, 28 Agustus 2015 - 12:40 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini Cara Jitu Redakan Nyeri Bahu dan Leher

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi nyeri bahu dan leher (maxshank.com)

Tips kesehatan untuk meredakan nyeri bahu dan leher.

Solopos.com, SOLO – Rasa sakit pada bahu dan leher bukanlah hal yang menyenangkan. Rasa sakit tersebut dapat menganggu aktivitas sehari-hari dan akan memburuk apabila tidak segera ditangani.

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Rabu (26/8/2015) dari laman Spine-health.com, bahu dan leher yang nyeri dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari salah posisi tidur hingga adanya tumor.

Berikut adalah cara mudah untuk mengobati rasa nyeri pada bahu dan leher:

1. Berenang

Advertisement

Apabila rasa nyeri pada bahu dan leher tidak segera menghilang, olahraga renang patut dicoba. Gerakan renang dapat mengurangi inflamasi atau gangguan fungsi organ tubuh. Olahraga renang akan mengembalikan fungsi organ tubuh dan menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh inflamasi tersebut.

2. Gunakan bantal air

Apabila nyeri bahu dan leher disebabkan karena salah posisi tidur atau tidak cocok dengan bantal yang digunakan, cobalah untuk mengganti bantal Anda dengan bantal air. Bantal air didesain agar mudah diatur keras dan lembutnya bantal sehingga pengguna dapat mengatur sesuai dengan keinginan mereka.

Advertisement

3. Atur asupan magnesium

Nyeri bahu dan leher bisa terjadi apabila tubuh kekurangan magnesium. Konsumsilah makanan yang kaya akan magnesium seperti sayur dan buah. Magnesium berperan untuk mengendurkan otot-otot yang tegang.

4. Pijat

Nyeri bahu dan leher dapat disebabkan oleh padatnya aktivitas dan tingginya tingkat stres. Lakukan relaksasi dengan melakukan pijat agar otot-otot tubuh yang tegang kembali mengendur. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif