Sport
Jumat, 28 Agustus 2015 - 18:15 WIB

PEKAN OLAHRAGA NASIONAL 2016 : Jabar Siapkan Liontin Batu Akik untuk Peraih Medali PON 2016

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi batu akik (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Pekan Olahraga Nasional 2016 akan digelar di Jawa Barat.

Solopos.com, BANDUNG -Memanfaatkan momentum batu akik yang masih booming di masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan hadiah berupa liontin batu akik untuk atlet yang meraih medali dalam Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX/2016 di Jabar.

Advertisement

“Semacam liontin, nanti pakai kulit garut, diikat sama kulit, istilahnya itu versi koboi untuk semua pemenang medali,” kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat mengunjungi Koperasi Lasminingrat Batu Akik Kabupaten Garut, Rabu (26/8/2015).

Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, menambahkan batu akik untuk PON tersebut sama seperti yang diberikan Koperasi Lasminingrat kepada delegasi Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung.

Rencana hadiah itu, kata Gubernur, sebagai upaya Pemerintah Provinsi Jabar untuk mengenalkan keunikan batu akik khas Jabar kepada masyarakat lebih luas.

Advertisement

“Kan hadiah unik, jadi benda antik yang berkesan, orang asing saja dipakai,” katanya.

Gubernur menegaskan, batu akik yang disiapkan untuk PON Jabar bukan hanya berasal dari Garut, melainkan dari seluruh daerah di Jabar yang memiliki ciri khas batu akik.

“Batunya bukan dari Garut saja, tapi dari Tasik, Sukabumi, Banjar, jadi kita campur,” kata Gubernur.

Advertisement

Ketua Koperasi Lasminingrat Yudi Nugraha menambahkan, pihaknya bersama seluruh perajin batu akik di Garut siap untuk memenuhi permintaan batu akik sebagai cinderamata bagi atlet peraih medali pada pelaksanaan PON XIX/2016 Jabar.

“Batu akik yang akan diunggulkan dari Garut yaitu batu Pancawarna kolaborasi dengan batu lain, alasannya kenapa, karena mempunyai filosofi,” kata dia.

Ia menyebutkan, berdasarkan hitungan sementara liontin batu akik yang harus disiapkan untuk PON Jabar sebanyak 2.500 liontin dengan kualitas terbaik.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif