News
Jumat, 28 Agustus 2015 - 14:15 WIB

KABUT ASAP SUMATRA : Kabut Asap Selimuti Palembang, Operator Kapal Diminta Waspada

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Kabut asap Sumatra menyelimuti Palembang.

Solopos.com, PALEMBANG – Kabut asap yang sudah mulai menyelimuti Kota Palembang di Sumatra Selatan. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Palembang mengeluarkan surat edaran tentang antisipasi cuaca buruk kabut asap tersebut.

Advertisement

Surat edaran yang dikeluarkan pada Rabu (26/8/2015) itu ditujukan kepada operator kapal, perusahaan pelayanan maupun pandu.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Palembang, Dian Lesmana, mengatakan kabut asap sudah terjadi di perairan alur pelayaran Sungai Musi Palembang, terutama pada pagi hari seiring datangnya musim kemarau.

KSOP meminta agar operator kapal, perusahaan pelayaran maupun pandu agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan berhati—hati dengan mengadakan penjagaan yang layak sesuai kecakapan pelaut yang baik.

Advertisement

“Kami juga juga minta agar dapat mengoptimalkan penggunaan sarana berita navigasi yang tersedia di kapal untuk pengamatan keliling yang jarak,” katanya dalam surat edaran tersebut.

KSOP Palembang mengimbau agar pihak terkait mengadakan komunikasi radio dengan stasiun radio polisi, pandu dan kapal-kapal melalui channel yang sesuai ketentuan, selama dalam pelayaran.

“Pandu diminta untuk meningkatkan koordinasi terhadap pengguna jasa pelayaran, khususnya kapal—kapal yang keluar-masuk di Pelabuhan Palembang,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif