Jogja
Jumat, 28 Agustus 2015 - 05:20 WIB

HAJI 2015 : Keberangkatan Empat Jemaah Calon Haji DIY Terancam Ditunda

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah calon haji asal Indonesia (JIBI/Solopos.com/Dok.)

Haji 2015 untuk empat jemaah calon dari DIY masih mengurus visa.

Harianjogja.com, JOGJA-Jemaah calon haji DIY mulai diberangkatkan ke Madinah melalui Bandara Adisumarmo, Solo, hari ini. Namun, masih ada empat orang calon haji yang belum mendapatkan visa haji hingga Kamis (27/8/2015) siang, kemarin.

Advertisement

Petugas Haji dari Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) DIY berupaya mengurus visa jemaah calon haji di Kedutaan Besar Arab Saudi untuk RI di Jakarta.

“Jika sampai besok pagi [hari ini] visa belum selesai maka ditunda,” kata Kasi Haji, Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kanwil Kemenag DIY, Aidin Johansyah melalui sambungan telepon, kemarin.

Aidin mengatakan jemaah calon haji yang belum memperoleh visa keberangkatannya akan diikutkan dengan jemaah calon haji kelompok terbang (Kltoter) berikutnya. Menurut dia, yang belum memperoleh visa bukan hanya dari DIY, namun jemaah calon haji lainnya se-Embarkasi Solo masih ada 26 jemaah calon haji yang masih dalam proses pengurusan visa.

Advertisement

Terkait penundaan keberangkatan jemaah calon haji, Aidin menyebutkan, sebelumnya juga sudah ada 77 orang yang berangkat tidak melalui kloter yang semestinya, melainkan diikutkan di kloter yang lain,

“Terdiri dari kloter 1-14 dari Jawa Tengah,” kata dia.

Hari ini, ada tiga kloter jemaah calon haji DIY yang mulai diberangkatkan, dari jumlah tujuh kloter. Mereka sudah berada di Asrama Haji Donohudan, Solo. Diketahui masing-masing kloter berjumlah 350 orang.

Advertisement

Sementara itu, Heri Sumardiyanto, salah satu jemaah haji asal Kulonprogo, DIY yang menjadi ketua kloter mengatakan semua jemaah calon haji Kulonprogo mulai diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan pada 30 Agustus, untuk jadwal keberangkatan ke Madinah 31 Agustus.

Heri mengungkapkan sejauh ini di kloternya tidak ada masalah. “Visa haji kami sudah dapat semua,” kata dia. Anggota DPRD DIY ini mengapresiasi Kantor Agama Kulonprogo yang sudah mengurus jemaah calon haji Kulonprogo dengan baik.

Advertisement
Kata Kunci : Haji 2015 Visa Haji
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif