Jogja
Rabu, 26 Agustus 2015 - 09:20 WIB

PORDA DIY 2015 : Fasilitas Stadion Cangkring Masih Perlu Pemeliharaan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang warga berjalan melewati signal lamp yang mulai dipasang di kawasan Stadion Cangkring. Signal lamp bergambar ikon cabang olahraga unggulan Kulonprogo dipasang untuk menyambut pelaksanaan Porda XIII DIY 2015. (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S.)

Porda DIY 2015 untuk fasilitas Stadion Cangkring masih belum selesai.

Harianjogja.com, KULONPROGO – Persiapan lokasi yang akan dijadikan tempat pertandingan olahraga dalam perhelatan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII DIY 2015 ditargetkan selesai akhir September. Beberapa fasilitas di venue utama event olahraga tersebut, Stadion Cangkring, masih membutuhkan pemeliharaan dan perbaikan. (Baca Juga : PORDA DIY 2015 : Minggu Ini, Venue Dikebut)

Advertisement

“Misal seperti toilet, jendela dan beberapa fasilitas membutuhkan pemeliharaan yang intens lagi. Kamar mandi masih kotor. Selain itu, rumput lapangan mulai mengering, kami agak terkendala persoalan tersebut,” ujar Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kulonprogo Zahram Asurawan kepada Harianjogja.com, Selasa (25/8/2015).

Zahram memaparkan, memasuki musim kemarau panjang seperti saat ini menjadi kendala pihak kontraktor untuk melakukan pemeliharaan rumput lapangan. Pasalnya, meski sudah membuat sumur dengan menggali sedalam 12 meter, namun debit air tetap tidak mencukupi. Dia mengakui, rumput di lapangan di kawasan Stadion Cangkring mulai mengering, jika terus dibiarkan akan mengganggu pelaksanaan pertandingan sepakbola.

“Akan tetapi, pihak rekanan sudah menyanggupi untuk bagaimana caranya agar perawatan rumput di lapangan tersebut dapat maksimal,” jelas Zahram.

Advertisement

Selain itu, pembangunan infrastruktur jalan masuk dari sisi barat stadion sudah hampir selesai. Jalan utama masuk ke stadion diarahkan dari barat dekat tribun. Zahram menambahkan, tidak hanya dibangun jalan masuk tetapi kawasan parkir juga sudah dibangun.

Terkait catatan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY yang menyatakan, lintasan lari tidak sesuai standar, menurut Zahram, kondisi perlintasan sudah sesuai spesifikasi. Dia menegaskan, standar perlintasan sudah seperti seharusnya.

“Lintasan lari sudah maksimal dan standarnya memang seperti itu,” ujar Zahram.

Advertisement

Untuk mempercantik kawasan Stadion Cangkring, sedikitnya belasan signal lamp telah dipasang di depan kawasan stadion tersebut. Ada kurang lebih 15 unit lampu dengan simbol cabang olahraga unggulan Kulonprogo.

Sementara itu, Ketua KONI Kulonprogo Bambang Gunoto menambahkan, sampai saat ini keseluruhan venue telah siap. Sedikitnya, ada 28 venue yang akan digunakan untuk pertandingan olahraga tingkat DIY.

“Semua venue sudah siap. Target akhir bulan September ini semua persiapan venue selesai. Pada tanggal 19 hingga 26 Oktober siap digunakan untuk pelaksanaan Porda DIY,” jelas Bambang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif