Jateng
Rabu, 26 Agustus 2015 - 14:50 WIB

PILKADA SERENTAK : Cegah Pelanggaran, Bawaslu Jateng Undang Pasangan Calon

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok)

Pilkada serentak digelar pada akhir tahun ini termasuk di sejumlah daerah di Jawa Tengah.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah mengundang seluruh pasangan calon kepala daerah yang ditetapkan sebagai kandidat resmi di 21 kabupaten/kota untuk menerima sosialisasi pencegahan berbagai bentuk pelanggaran pada tahapan Pilkada 2015.

Advertisement

“Sosialisasi yang ilakukan pada Rabu [26/8/2015] merupakan bagian ikhtiar kami untuk melakukan upaya pencegahan pelanggaran oleh para pemangku kepentingan pada pelaksanaan pilkada di 21 kabupaten/kota,” kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jateng Teguh Purnomo di Semarang, Selasa (25/8/2015).

Menurut dia, hal penting yang perlu disampaikan pada sosialisasi tersebut adalah aturan main setelah bakal paslon ditetapkan sebagai calon bupati dan wali kota, termasuk apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh masing-masing calon beserta tim kampanyenya.

Advertisement

Menurut dia, hal penting yang perlu disampaikan pada sosialisasi tersebut adalah aturan main setelah bakal paslon ditetapkan sebagai calon bupati dan wali kota, termasuk apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh masing-masing calon beserta tim kampanyenya.

“Metode kampanye dan bahan kampanye yang akan difasilitasi oleh KPU maupun yang boleh dilaksanakan oleh para paslon maupun tim kampanyenya juga akan dibahas karena ada potensi paslon yang melanggar aturan kampanye akan didiskualifikasi,” ujarnya.

Pada sosialisasi besok, kata Teguh, juga akan diisi dengan penandatanganan deklarasi pelaksanaan pilkada yang berintegritas dan berkualitas oleh masing-masing paslon atau tim kampanyenya.

Advertisement

“Kami ingin setiap paslon kepala daerah melakukan kampanye produktif atau bertatap muka langsung dengan masyarakat untuk menjelaskan visi misinya, bukan sekadar gambar atau simbol,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah Joko Purnomo.

Ia menjelaskan bahwa pada masa kampanye pilkada yang dimulai pada Kamis (27/8) dan akan berlangsung selama 100 hari mendatang, semua alat peraga kampanye seperti baliho, spanduk, dan pamlet dari masing-masing paslon kepala daerah itu dibatasi oleh KPU.

Selain itu, paslon kepala daerah juga tidak diperbolehkan memproduksi alat peraga kampanye yang sudah difasilitasi oleh KPU dengan jumlah yang sangat terbatas.

Advertisement

Menurut dia, paslon kepala daerah yang telah ditetapkan sebagai kandidat pilkada oleh KPU, bisa dibatalkan atau didiskualifikasi jika terbukti melakukan pelanggaran aturan kampanye dengan kategori berat.

“Yang dimaksud pelanggaran aturan kampanye berkategori berat adalah paslon memasang iklan di media cetak atau elektronik pada msa kampanye tapi diluar yang difasilitasi KPU,” ujarnya.

Proses pembatalan paslon kepala daerah sebagai kandidat pilkada itu, kata Joko, tidak membutuhkan waktu lama karena sudah disampaikan sebelumnya dan tidak perlu berkekuatan hukum tetap dari pengadilan.

Advertisement

“Jika paslon dituduh melakukan ‘money politic’ atau membayar mahar ke partai politik, maka itu harus dibuktikan hingga ke pengadilan,” katanya.

Joko mengungkapkan bahwa pelaksanaan pilkada di kabupaten/kota akan ditunda hingga 2017, jika salah satu paslon didiskualifikasi karena melakukan pelanggaran, padahal di daerah tersebut hanya ada dua pasang kandidat.

Ke-21 kabupaten/kota di Jateng yang akan menyelenggarakan pilkada sevara serentak pada 2015 itu adalah Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal.

Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, Kabupaten Blora.

Kemudian, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Pemalang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif