Soloraya
Rabu, 26 Agustus 2015 - 09:55 WIB

AIR BERSIH KLATEN : Ada Potensi 5 Liter/detik, PDAM Bikin Sumur Dalam di Dompol

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi kran air PDAM (Dok/Solopos)

Air bersih Klaten untuk daerah Kemalang akan dipenuhi dengan mengebor sumur dalam di Dompol.

Solopos.com, KLATEN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Klaten bakal mengebor sumur dalam di Kecamatan Kemalang yang selama ini menjadi langganan krisis air bersih. Pembuatan sumur dalam itu difokuskan di Desa Dompol, Kemalang.

Advertisement

Direktur Teknik PDAM Klaten, Sigit Setyawan, menjelaskan pengeboran sumur dalam dilakukan setelah ada kajian menggunakan metode geolistrik oleh konsultan. Dari hasil kajian itu, ada potensi pengembangan sumur dalam di Desa Dompol dengan debit air diperkirakan 5 liter/detik.

“Kami berani melakukan pengeboran setelah ada kajian pada titik-titik yang potensial. Dari kajian kemarin, ada potensi untuk pembangunan sumur dalam dengan debit sekitar 5 liter/detik. Kalau itu benar, nanti bisa menyasar ke 400 pelanggan,” jelas dia, Selasa (25/8/2015).

Pengeboran sumur mulai dilakukan pertengahan September mendatang. Saat ini, PDAM masih mengurus izin ke Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah. Dana yang dibutuhkan untuk pengeboran ditaksir Rp200 juta.

Advertisement

“Karena ini sumur air baku PDAM, anggaran berasal dari perusahaan sendiri. Untuk target rampungnya kapan kami belum bisa memastikan karena pengeboran belum dilakukan. Paling cepat proses pengeboran itu dilakukan selama dua bulan. untuk kemarau ini sudah bisa mengalir ke pelanggan, kemungkinannya memang kecil,” katanya.

Sigit menerangkan peningkatan cakupan pelayanan hingga ke wilayah yang selama ini menjadi langganan krisis air bersih sebelumnya sudah dilakukan.

Salah satunya dengan membuat fasilitas warung air di Desa Dompol. Hanya, fasilitas tersebut belum menjangkau ke pelanggan yang lebih luas terutama di wilayah Dompol.

Advertisement

Soal pelayanan hingga ke wilayah yang lebih tinggi, Sigit menjelaskan saat ini masih mencari alternatif lain. Menurut dia, mengalirkan air yang sudah ada ke daerah-daerah lebih tinggi dari Desa Dompol diperlukan sumur dengan debit air yang lebih besar.

Selain itu, perhitungan penyediaan pompa air dan investasi juga menjadi pertimbangan PDAM guna memperlebar cakupan pelayanan di wilayah Kemalang.

Direktur Utama PDAM Klaten, Irawan Margono, membenarkan rencana pengeboran sumur dalam tersebut. Cakupan pelayanan air bersih dari sumur yang dibangun tersebut difokuskan ke wilayah Dompol.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif