Soloraya
Selasa, 25 Agustus 2015 - 19:15 WIB

KEBAKARAN LAWU : Api Sampai Pos 4 Jalur Pendakian Tahura

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Api yang membakar lereng sisi utara Gunung Lawu terlihat hari Dusun Tegalsari, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Karanganyar, Senin (28/9/2009) malam. Api yang sebelumnya hanya membakar wilayah Jawa Timur, kini telah memasuki wilayah hutan pinus Desa Anggrasmanis,Kecamatan Jenawi, Karanganyar. (Dok/JIBI/Solopos)

Kebakaran Lawu meluas. Kebakaran hutan di Gunung Lawu telah masuk wilayah Karanganyar, persisnya di Tahura.

Solopos.com, KARANGANYAR — Api kebakaran Gunung Lawu telah sampai di jalur pendakian taman hutan rakyat (Tahura). Anggota Polisi Kehutanan Indonesia (Polhut) Tahura, Margo Saptono, Senin (25/8/2015), menyampaikan berdasarkan informasi yang dia peroleh api sudah sampai Pos 4 jalur pendakian Tahura.

Advertisement

Dia khawatir apabila tidak segera dipadamkan akan merembet ke Pos 3. “Proses pemadaman secara manual dari pos 4 jalur pendakian Tahura. Tetapi, kami belum mengetahui luasan yang terbakar. Panjang yang terbakar sekitar 3-4 kilometer, kalau luas belum bisa memastikan,” tutur Margo saat ditemui wartawan sebelum berangkat bersama relawan untuk memadamkan api.

Margo juga akan melakukan koordinasi dengan sejumlah penjaga pos pendakian untuk menutup sementara jalur pendakian lawu melalui Tahura dan Candi Ceto di Jenawi. “Kalau jalur pendakian lain kurang tahu. Kami harap jalur lain juga ditutup sementara,” jelas dia.

Polres Karanganyar juga mengirimkan 20 personel membantu pemadaman api. Mereka naik melalui jalur pendakian di Tahura. Kapolres Karanganyar, AKBP Mahedi Surindra, melalui Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas Polres Karanganyar, AKP Suryo Wibowo, mengatakan menurunkan personel yang memiliki ketrampilan SAR.

Advertisement

“Harapan kami bisa bekerja sama dengan relawan untuk memadamkan api. Personel dibekali peralatan memadamkan api. Alat pemadam api ringan, gergaji mesin, dan alat pendukung lain.”

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif