Soloraya
Selasa, 25 Agustus 2015 - 12:15 WIB

HAJI 2015 : 760 Calhaj Asal Klaten Berangkat ke Mekah Medio September 2015

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ibadah Haji (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Haji 2015 terus diberangkatkan ke Tanah Suci. Untuk calhaj asal Klaten akan berangkat pertengahan September mendatang.

Solopos.com, KLATEN – Sebanyak 760 calon haji (calhaj) asal Klaten siap berangkat ke Tanah Suci, Senin-Selasa (14-15/9/2015). Ratusan calhaj itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 69, 70, dan 72.

Advertisement

Berdasarkan informasi yang dihimpun jumlah calhaj yang berangkat ke Mekah tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun 2014. Tahun lalu, jemaah haji yang berangkat sebanyak 800 orang.

“Hari ini [kemarin], kami sudah menggelar koordinasi dengan masing-masing petugas Kloter dan nonkloter. Lokasi penginapan bagi calon haji dari Klaten juga sudah ditentukan. Jarak antara penginapan dengan Masjidil Haram paling dekat 2,5 kilometer. Di sana, para calhaj sudah disediakan fasilitas bus,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten, Mustari, saat ditemui wartawan di Rumah Makan (RM) Mayar Jl. Solo-Jogja, Klaten, Senin (24/8/2015).

Wakil Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arofah Klaten, Agus Krisnadi, mengatakan seluruh calhaj sudah mengikuti simulasi ibadah haji dengan baik. Akhir pekan nanti, masing-masing calhaj dipersilakan mengemas barang-barang pribadi sebelum berangkat ke Mekah.

Advertisement

“Khusus di KBIH Arofah ada 516 calhaj. Semua sudah siap berangkat. Sebelum berangkat ke Mekah, kami kenalkan rombongan calhaj dengan petugas. Biar kenal satu lama lain,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Bambang Sujarwo, mengharapkan seluruh panitia pemberangkatan dan pemulangan calhaj Klaten dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

“Melalui rakor seperti ini hari ini [kemarin], masing-masing petugas dapat mengetahui tugasnya dengan baik,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif