Warga Korea Utara membunyikan lonceng untuk meresmikan Pyongyang Time (BBC.co.uk) Warga Korea Utara membunyikan lonceng untuk meresmikan Pyongyang Time (BBC.co.uk)
Senin, 24 Agustus 2015 16:10 WIB Internasional Share :

Korea Utara Bikin Zona Waktu Sendiri

Korea Utara merumuskan zona waktu sendiri, Pyongyang Time.

Solopos.com, PYONGYANG – Korea Utara menjadi salah satu negara yang paling banyak menyita perhatian dunia. Kali ini, Korea Utara kembali membuat sensasi dengan mengumumkan telah memiliki zona waktu sendiri, Pyongyang Time.

Negara penganut paham komunis itu meresmikan Pyongyang Time pada Jumat, (14/8/2015). Pyongyang Time membuat Korea Utara berada pada kedudukan +08.30 atau 8,5 jam lebih cepat dari GMT (Greenwich Mean Time). Perubahan itu membuat Korea Utara memangkas 30 menit dari waktu sebelumnya untuk menyesuaikan dengan Pyongyang Time.

“Kami berpendapat hal ini merupakan bentuk kedaulatan sebuah negara. Kami berhak mengganti zona waktu kami sendiri. Selain itu, ketika matahari berada di posisi tertinggi, itu tidak menunjukkan waktu tepat siang hari,” ungkap seorang Kepala Urusan Astronomi Korea Utara, Jong Suk, seperti dikutip dari BBC.com, Senin (24/8/2015).

Dikutip dari Bulletinleader.com, pihak Korea Utara mengatakan perubahan dilakukan sebagai tanda lepasnya Korea Utara dari pengaruh Jepang. Selain itu, pejabat Korea Utara mengatakan zona waktu Pyongyang Time sudah diterapkan sebelum tahun 1910. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…