News
Sabtu, 22 Agustus 2015 - 03:30 WIB

SPMB UMS : Hari Ini Ditutup, Peminat Tembus 18.000 Orang

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gedung Universitas Muhammadiyah Surakarta (Istimewa)

SPMB UMS, peminat masuk Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) capai 18.000 orang

Solopos.com, SOLO--Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bakal ditutup, Sabtu (22/8/2015) ini. Hingga sehari menjelang penutupan SPMB dengan sistem One Day Service (ODS) tersebut, jumlah pendaftar telah menembus lebih dari 18.000 orang.

Advertisement

Kepala Humas UMS, Anam Sutopo, ketika dimintai informasi, Jumat, hingga kemarin siang, tercatat ada 18.019 pendaftar untuk berbagai fakultas di UMS.”Hingga Jumat, tercatat ada 18.019 pendaftar,” ungkapnya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 10.222 orang di antaranya sudah mengikuti seleksi dan dinyatakan lolos. Saat ini tercatat yang sudah melakukan registrasi sebanyak 7.120 orang.

Dia menambahkan, Program Studi (Prodi) Kedokteran menduduki peringkat teratas prodi yang paling diminati para pendaftar.
“Di antara prodi yang dibuka, prodi Kedokteran paling diminati, bahkan ranking tertinggi,” katanya.

Khusus Prodi Kedokteran, lanjutnya, hingga kemarin tercatat jumlah pendaftar sudah mencapai 2.063 orang. Dari jumlah itu, telah lolos seleksi 126 peserta, dan telah melakukan registrasi 114 calon mahasiswa. Dia menambahkan, jumlah tersebut tarpaut jauh bila dibandingkan dengan Prodi Farmasi yang ada di peringkat kedua dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.184 orang. Dari jumlah itu, dinyatakan lolos seleksi 275 peserta, dan telah registrasi 195 calon mahasiswa.

Advertisement

Selama masa pendaftaran SPMB dibuka sejak 2 Januari lalu, Anam menilai jumlah pendaftar UMS meningkat cukup tajam. “Ada peningkatan yang cukup tajam tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya, yakni mencapai 3.000 pendaftar,” tambah dia. Dengan sistem ODS, calon mahasiswa saat mendaftar, mengikuti seleksi hingga pengumuman hasil seleksi dilakukan dalam sehari. Sehingga pendaftar dapat mengetahui diterima atau tidaknya, dalam sehari.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif