Teknologi
Sabtu, 22 Agustus 2015 - 19:45 WIB

HASIL PENELITIAN : Rahasia di Balik Senyum Mistis Mona Lisa

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lukisan Mona Lisa (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Hasil penelitian ini mengungkap rahasia di balik senyum mistis Mona Lisa

Solopos.com, NEW YORK – Peneliti Alessandro Soranzo dan Michelle Newberrry dari Universitas Sheffield Hallam menulis dalam sebuah makalah berjudul Vision Research mengungkap misteri di balik senyum memikat Mona Lisa.

Advertisement

Duo ilmuwan ini menyebut Leonardo da Vinci memakai tekni sfumato untuk membuat karyanya menjadi menarik. Tekni ini dikenal oleh seniman Renaissance pada masanya.

“Senyuman itu akan cepat menghilang jika dilihat dari sudut yang tidak tepat. Ilusi visual bernama uncaychable smile ini sangat menarik untuk diteliti,” ungkapnya seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (21/8/2015). 

Para peneliti meneliti lukisan Mona Lisa, La Bella Principessa, dan karya potrait lainnya di era yang sama. Seperti Girl yang dilukis Piero del Pollaiuolo yang dibuat pada 1470 silam.

Advertisement

“Mengingat teknik yang dipakai da Vinci dan ambiguitas yang sengaja dibuatnya. Itu yang membuat Mona Lisa tertarik,” ungkap Soranzo.

Para ahli berpendapat bahwa percampuran warna untuk mengeksploitasi visi perifer, bentuk mulut dan subjek. Serta berhasil membentuk perspektif yang sangat tajam.

Ekspresi misterius Mona Lisa memang mampu memikat dunia, namun ternyata senyuman itu bukan satu-satunya yang pernah dibuat da Vinci. Sebelum Mona Lisa, ada sebuah lukisan La Bella Principessa yang juga menggunakan trik senyuman yang sama.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif