Kim Jong Un (Reuters) Kim Jong Un (Dok/JIBI/Solopos/Reuters)
Jumat, 21 Agustus 2015 17:00 WIB Rio Sandy Pradana/JIBI/Bisnis Internasional Share :

KONFLIK KOREA
Perbatasan Korea Memanas, Korut-Korsel di Ambang Perang

Konflik Korea terancam menuju perang yang sesungguhnya setelah Kim Jong Un mengumumkan persiapan perang.

Solopos.com, SEOUL — Bayang-bayang perang antara Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) kembali menghantui semenanjung di timur Asia itu. Pemimpin Korut, Kim Jong Un, memerintahkan tentaranya untuk bersenjata lengkap dan bersiap melakukan operasi perang.

Bloomberg melaporkan dalam lamannya, Jumat (21/8/2015), sikap tersebut diambil karena meningkatnya ketegangan setelah tentara Korut terlibat kontak senjata dengan Korsel di zona demiliterisasi. Kim menyatakan negara dalam keadaan “semi perang” di sepanjang perbatasan dalam perintahnya kepada para tentara.

Selain itu, Kim Jog Un mengadakan pertemuan dengan badan militer tertinggi dari partainya. Tindakan Korea Utara meluncurkan roket di perbatasan pada Kamis (20/8/2015) sore memicu tentara Seoul melakukan serangan balasan menggunakan artileri.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan serangan tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Sementara itu Korea Utara membantah telah melakukan serangan apa pun.

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…