Lifestyle
Kamis, 20 Agustus 2015 - 06:00 WIB

TIPS ASUH ANAK : Ingin Bayi Anda Tidur Berkualitas? Simak Tips Ini

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Tips asuh anak kali ini mengulas tentang beberapa cara agar bayi Anda tidak rewel saat tidur.

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda? Siklus tidur bayi bisa dilatih oleh orang tua. Siklus tidur bayi yang teratur mempengaruhi kualitas istirahat buah hati Anda.

Advertisement

Terkait dengan itu, tips kali ini, Rabu (19/8/2015), Solopos.com himpun dari laman Medindia beberapa tips sederhana agar bayi mungil Anda mendapatkan tidur berkualitas.

1. Latih Tidur Teratur
Bukan hal mudah memang untuk melatih bayi tidur secara teratur, mengingat bayi belum bisa diajak berkompromi. Namun, siklus tidur teratur akan membuat buah hati Anda secara otomatis belajar tentang kedisiplinan dan konsistensi sejak usia dini.

Bayi yang siklus tidurnya teratur juga cenderung memiliki pertumbuhan otak lebih baik. Selain tidur teratur, otak bayi Anda juga akan berkembang secara baik dengan jadwal tidur siang. Jadi, sesibuk apa pun Anda, usahakan menidurkan buah hati Anda saat siang hari.

Advertisement

Ada baiknya pula Anda ketahui, waktu ideal tidur bayi di usia kurang dari setahun adalah 18.30 hingga 19.30 malam.

2. Kenyamanan Tempat Tidur
Kenyamanan tempat tidur ini penting agar anak Anda lekas tidur dan tidak rewel. Pastikan tempat tidurnya nyaman. Anda juga bisa menidurkan bayi di tempat tidur yang berbeda-beda agar si anak tidak merasa bosan.

Saat Anda menidurkan anak, sementara si anak sedang bermain dengan mainannya, jangan langsung direbut. Itu akan membuat si bayi marah dan akhirnya justru menangis. Ajaklah si anak bercerita sambil memainkan mainannya. Aksi ini efektif membuat bayi terlelap lebih cepat tanpa harus menangis.

Advertisement

3. Tidak Lapar
Jangan membiarkan bayi Anda tidur dalam keadaan perut kosong. Orang tua wajib memberi asupan makanan kepada bayi sebelum tidur. Bayi yang perutnya kenyang akan lebih mudah tidur nyenyak daripada bayi yang perutnya merasa lapar.

Advertisement
Kata Kunci : Tips Asuh Anak
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif