Soloraya
Kamis, 20 Agustus 2015 - 20:15 WIB

PEMBANGUNAN SOLO : Bantuan Rp6 Miliar untuk Tata Lingkungan Kumuh Hangus

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Pembangunan Solo kehilangan potensi bantuan Rp6 miliar.

Solopos.com, SOLO — Kota Solo kehilangan potensi bantuan senilai Rp6 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU dan Pera) pada tahun ini.

Advertisement

Kepala Seksi Perumahan dan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo, Saryanto, mengatakan sebenarnya Kemen PU dan Pera telah mengalokasikan dana bantuan pembangunan kawasan lingkungan kumuh di Kota Solo senilai Rp24 miliar.

Namun, karena Solo tidak siap untuk menerima bantuan itu, akhirnya bantuan itu hanya diambil senilai Rp18 miliar. Sedangkan bantuan senilai Rp6 miliar dikembalikan lagi ke pemerintah pusat.

Saryanto menjelaskan ketidaksiapan Solo dalam mengambil dana bantuan itu karena melihat perencanaan yang belum maksimal dari masing-masing kelurahan. Selain itu juga mempertimbangkan waktu pengerjaan proyek pembangunan yang mepet.

Advertisement

Menurut dia, keputusan tidak mengambil bantuan senilai Rp6 miliar itu dianggap lebih bijak.

“Ada daerah yang tidak mengambil dana itu secara total, seperti Kota Surabaya. Alasannya karena mereka [Pemkot Surabaya] tidak siap dalam mengambil bantuan itu. Pemkot Solo lumayan sudah mengambil Rp18 miliar,” terang Saryanto saat ditemui

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif