News
Rabu, 19 Agustus 2015 - 18:15 WIB

PEMBERANTASAN KORUPSI : Pernyataan Mega soal KPK Jadi Kontroversi, Ini Komentar JK

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Pemberantasan korupsi ini terkait pernyataan Megawati Soekarnoputi yang menjadi kontroversi.

Solopos.com, JAKARTA — Pernyataan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri terkait Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi kontroversi di masyarakat.

Advertisement

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjelaskan putri presiden pertama RI Soekarno itu sama sekali tak ingin adanya pembubaran KPK.

JK mengklarifikasi, lembaga independen antikorupsi tidak diperlukan lagi jika tindak pidana korupsi sudah habis di Indonesia.

“Ibu Mega mengatakan kalau korupsi sudah habis [tidak diperlukan]. Bu Mega tidak pernah bilang membubarkan KPK,” ujar JK, Rabu(19/8/2015).

Advertisement

Kalla berpendapat jumlah tindak korupsi saat ini sudah menurun, meski belum sepenuhnya hilang. Untuk itu, lembaga penegak hukum itu masih dibutuhkan oleh pemerintah.

“Kita kan korupsi sekarang sudah menurun tapi tentu belum, masih ada,” tuturnya.

Megawati menilai KPK sebagai sebuah lembaga ad hoc atau lembaga bersifat sementara dapat dibubarkan jika pejabat di Indonesia sudah tak lagi melakukan korupsi.

Advertisement

Lembaga independen antikorupsi itu dibentuk pada masa Megawati menjadi Presiden ke-5. Jika pejabat tak lagi korupsi alias Indonesia bersih dari korupsi, maka KPK bisa mengakhiri peran di Indonesia yang sudah berusia lebih dari 10 tahun.

Pernyataan itu disampaikan Megawati dalam pidato pada Seminar Nasional Kebangsaan di Gedung DPR RI, Selasa (18/8/2015).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif