Otomotif
Rabu, 19 Agustus 2015 - 10:30 WIB

INOVASI OTOMOTIF : Skutik Garapan Mahasiswa ITS Kental Aura Eropa

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sketsa digital skutik garapan ITS dan Garansindo. (Detik.com)

Inovasi otomotif skutik racikan mahasiswa ITS ditenagai mesin listrik.

Solopos.com, JAKARTA – PT Garansindo bersama mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tengah meracik skuter matik (skutik) bertenaga listrik. Secara fisik, inovasi otomotif itu kental dengan aura skutik yang beredar di jalanan Benua Eropa.

Advertisement

Setelah meluncurkan inovasi otomotif berupa mobil tenaga surya bertepatan dengan HUT ke-70 RI, kini ITS bersama Garansindo juga berniat meluncurkan sebuah skutik bertenaga listrik.

Sayangnya, perguruan tinggi di Kota Pahlawan itu masih sebatas meluncurkan sketsa digitalnya saja. Dalam gambar yang diunggah laman Detik, Selasa (18/8/2015), tampak skutik racikan anak bangsa itu memiliki desain yang seolah mengawinkan cita rasa skutik Piaggio dengan skutik Peugeot.

Sekujur bodi terasa modern dengan balutan warna oranye keemasan. Warna hitam juga sengaja dihadirkan di sektor lampu depan, dasbor, jok hingga kaki-kaki untuk memunculkan aura agresif.

Advertisement

Sedangkan nuansa klasik khas skuter Eropa dapat dilihat pada lekukan bodi belakang yang menyerupai perut lebah. Bagasi tambahan juga sengaja ditempel di bagian buritan untuk menambah fungsionalitas.

Rumor yang beredar mengatakan ITS dan Garansindo tidak membangun skutik tenaga listrik sendirian. Garansindo dikabarkan mendapat bantuan dari mitranya seperti perusahaan sepeda listrik Italjet dari Italia dan raksasa otomotif asal Prancis, Peugeot.

Dikutip Solopos.com dari laman Okezone, hasil inovasi otomotif itu akan dipamerkan di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di Kemayoran, Jakarta, 19-30 Agustus 2015.

Advertisement

”Kami mau speed up. Jadi insya Allah pas IIMS 2015 di Kemayoran nanti prototipe motor listrik yang dibuat anak bangsa ini sudah bisa ditunjukkan,” ungkap CEO Garansindo, Muhammad Al Abdullah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif