Lifestyle
Rabu, 19 Agustus 2015 - 18:45 WIB

HASIL PENELITIAN : Olahraga Saja Tak Bisa Turunkan Berat Badan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Hasil penelitian menyebutkan olahraga saja tak cukup untuk menurunkan berat badan.

Solopos.com, CHICAGO – Berolahraga menjadi salah satu cara yang dipilih untuk mengurangi berat badan oleh banyak orang. Namun, hasil penelitian terbaru menunjukkan olahraga saja tidak bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

Advertisement

Hasil penelitian sebuah universitas di Chicago, Amerika Serikat menunjukkan olahraga berat atau ekstra justru membuat keinginan untuk makan semakin besar. Olahraga membuat tubuh membakar banyak energi, sehingga tubuh memerlukan asupan makanan untuk mengganti energi yang digunakan untuk berolahraga.

Dilansir Dailymail.co.uk, Selasa (18/8/2015), peneliti mengungkapkan menjaga pola makan menjadi kunci menurunkan berat badan. Menjaga pola makan dapat menjaga atau menurunkan berat badan meski tanpa dibarengi peningkatan aktivitas fisik.

“Berolahraga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan meningkatkan kesehatan. Namun, penelitian yang kami lakukan tidak menemukan bukti yang menunjukkan olahraga dapat menurunkan berat badan. Cara yang lebih efektif ialah menjaga pola makan, mengonsumsi buah dan sayuran,” ujar peneliti Loyola University Chicago, Dr. Richard Cooper dan Dr. Amy Luke, seperti dilansir Jurnal Internasional Epidemiology.

Advertisement

Menjaga pola makan juga disarankan oleh praktisi diet, Dr. Michael Mosley. Ia mengatakan olahraga baik untuk menjaga kesehatan, bukan sebagai sarana menurunkan berat badan.

“Olahraga merupakan kegiatan yang bagus untuk menjaga kesehatan, bukan untuk menurunkan berat badan. Banyak orang berpikir mereka bisa makan sepuasnya setelah berolahraga. Hal itu perlu diubah karena itu pola pikir yang keliru,” tandas Dr. Michael Mosley. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif