Soloraya
Selasa, 18 Agustus 2015 - 19:30 WIB

DANA DESA WONOGIRI : Mayoritas Desa Terlambat Serahkan SPj

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembagian dana

Dana desa Wonogiri, sebagian besar pemerintah desa terlambat menyerahkan SPj

Solopos.com, WONOGIRI–Sampai batas akhir penyerahan Surat Pertanggungjawaban (SPj) penggunaan dana desa tahap pertama,  belum semua desa menyerahkan laporannya. Padahal SPj pencairan dana desa tahap pertama menjadi syarat pencairan dana desa tahap selanjutnya.

Advertisement

“Tahap kedua mestinya sudah bisa dicairkan pertengahan Agustus. Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum menyerahkan SPj,” kata Kabag Pemerintahan Desa Kabupaten Wonogiri, Sriyono, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (18/8/2015). Berdasarkan catatannya, dari 250 desa yang menerima dana desa tahap pertama, baru sekitar 20 desa saja yang sudah menyerahkan laporannya. Dia pun meminta agar desa yang belum melaporkan kegiatan penggunaan dana desa agar segera menyerahkan laporan tersebut. “Kalau desa tidak segera menyerahkan SPj, maka tidak bisa mencairkan dana desa untuk tahap kedua,” kata dia.

“Sebenarnya kami sudah mengirim surat pemberitahuan ke desa agar menyerahkan laporan pada akhir Juli. Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum. Alasannya karena ada sebagian kegiatan yang belum selesai,” kata dia. Pemkab Wonogiri pun telah membuat laporan kepada pemerintah pusat terkait kondisi di lapangan. Dia berharap desa yang terlambat menyerahkan SPj bisa tertolong dengan pencairan susulan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif