Jatim
Senin, 17 Agustus 2015 - 14:05 WIB

PERAYAAN HUT RI :Reog Ponorogo Ikut Upacara Peringati HUT RI

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seniman reog ponorogo ikut upacara peringati HUT RI. (Julian Tondo Wisudo.JIBI/Madiunpos.com)

Perayaan HUT RI semakin meriah dengan upacara berkostum Reog Ponorogo.

Seniman reog ponorogo ikut upacara peringati HUT RI. (Julian Tondo Wisudo.JIBI/Madiunpos.com)

Advertisement

Madiunpos.com, PONOROGO – Perayaan HUT ke-70 Republik Indonesia (RI) digelar meriah di seantero Nusantara. Tak terkecuali para seniman reog ponorogo yang secara sensasional mengikuti upacara Hari Kemerdekaan dengan kostum lengkap.

Upacara unik dengan peserta seniman reog berkostum lengkap itu digelar di Desa Cekok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Minggu (16/8/2015). Bukan hanya diikuti seniman reog, upacara benderea perayaan HUT RI itu juga melibatkan penabuh gamelan jawa untuk mengiringi lagu Indonesia Raya.

Bukan hanya orang dewasa, sejumlah anak-anak tampak ikut serta dalam upacara bendera perayaan HUT RI itu. Anak-anak tersebut juga memakai baju bujang ganong, mereka dengan senang hati mengikuti upacara ini karena menghormati para pahlawan bangsa yang telah gugur membela negara Indonesia.

Advertisement

“Saya senang ikut upacara ini, lucu. Saya disuruh pakai baju bujang ngganong,” ungkap salah seorang anak.

Kegiatan yang dilakukan warga Desa Cekok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo itu dirancang khas karena reog ponorogo merupakan aset Negara sehingga para seniman  harus ikut andil dalam melestarikannya. Upacara unik itu juga sebagai bentuk rasa hormat kepada pendahulu bangsa yang memerdekaan Indonesia.

Meski memakai baju reog ponorogo dan topeng, bujang ganong, para seniman serta anak-anak sangat gembira dan bersemangat. “Kami semua sangat bangga karena masih bisa merasakan upacara bendera dengan memakai kostum reog ponorogo. Dan semangat seperti ini jangan lantas hilang, karena siapa lagi yang mau mempertahankan Reyog Ponorogo kalo bukan kita warga Ponorogo sendiri.”kata Agung Prianto, salah seniman Reog.

Advertisement

Dengan adanya kegiatan upacara bendera HUT RI itu, para seniman  berharap negara indonesia semakin baik, serta sadar bahwa seni reog ponorogo adalah bentuk hiburan tradisional Indonesia yang bisa dikenal di seluruh penjuru dunia. (Julian Tondo Wisudo.JIBI/Madiunpos.com)

 

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif