Entertainment
Sabtu, 15 Agustus 2015 - 18:10 WIB

PETISI ONLINE : Dinilai Lecehkan Seragam Pramuka, Inbox SCTV Dikecam

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tayangan Inbox SCTV yang dinilia melecehkan Pramuka (Istimewa/Change.org)

Petisi online dibuat salah seorang pegiat Pramuka kepada tayangan Inbox SCTV.

Solopos.com, SOLO – Tayangan acara musik Inbox SCTV menuai reaksi keras dari pegiat Pramuka. Pasalnya, acara yang digelar 14 Agustus 2015 itu memperlihatkan penampilan dari sejumlah gadis cilik dengan kostum Pramuka yang telah dimodifikasi.

Advertisement

“Tayangan Inbox SCTV pada tanggal 14 Agustus 2015 sangat melukai hati kami sebagai anggota Gerakan Pramuka,” buka netizen asal Malang, Mukhammad Mizan Zulmi, dalam petisi online yang dibuatnya di Change.org, Jumat (14/8/2015).

Dia mengaku tidak terima lantaran seragam Pramuka yang menjadi identitas dan lambang jati diri dijadikan sebagai alat komersil dan dimodifikasi dengan desain yang tidak pantas.

Menurutnya, hal ini telah mencoreng nama baiknya sebagai salah satu anggota Pramuka. “Selain itu beberapa cuplikan dari acara yang disajikan sama sekali tidak mencerminkan nilai kepramukaan dan menjurus pada pelanggaran kode etik Gerakan Pramuka,” imbuhnya.

Advertisement

Zulmi lantas menyebut penayangan itu melanggar Peraturan Pemerintah (PP) no. 174 tahun 2012 tentang Seragam Pramuka dan Undang-Undang (UU) no. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

“Untuk itu dengan hormat kami berharap kepada pihak PT Surya Citra Televisi (SCTV) meminta maaf kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka atas perbuatan yang dilakukan serta menayangkannya dalam program SCTV. Semoga hal ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi pihak SCTV maupun media telivisi lainnya untuk tidak mengulangi hal yang sama,” tulisnya.

Petisi ini telah didukung 3.110 penanda tangan dan memperoleh banyak tanggapan.

Advertisement

“Inbox alay. Melecehkan hari Pramuka,” tulis Amzar Fadliatma.

“Merusak citra Pramuka, lebih-lebih pada saat hari bersejarah gerakan pramuka,” timpal Azan Tudhoni

“Sebagai salah satu anggota pramuka, hal ini bener2 mencoreng naman pramuka, disampig itu pakaian yang dipakai juga sangat minim,,” ungkap Faiz Ardiansyah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif